Gubernur Minta Dosen Berpendidikan S3

by admin / 10 Feb 2017 / Lihat Video Disini
#

Keterangan Gambar :

 

SAMARINDA – Dosen memiliki peran strategis dalam membentuk serta terciptanya generasi pembangunan yang berkualitas serta berdaya saing. Karenanya, Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak meminta agar para tenaga pengajar di perguruan tinggi itu minimal berpendidikan pasca sarjana atau S2 bahkan S3.

“Dosen tidak ada lagi berpendidikan S1. Minimal harus S2. Saya minta bisa dilanjutkan hingga S3,” katanya.

Menurut dia, dosen-dosen yang mengajar di perguruan tinggi sangat strategis dan berperan dalam memacu terciptanya sumber daya manusia (SDM) Kaltim yang berdaya saing. Hal ini perlu didukung dengan perguruan tinggi yang berkualitas sehingga mampu bersaing dengan perguruan tinggi di luar Kaltim.

Selain itu, setiap dosen minimal dalam setahun harus mampu melakukan satu penelitian terkait dengan upaya percepatan pembangunan daerah.

Awang mengakui sejak awal kepemimpinannya hingga periode kedua (2013-2018) telah menetapkan tiga prioritas utama pembangunan daerah.

Yakni, prioritas pembangunan infrastruktur berupa jalan, jembatan, pelabuhan dan bandara termasuk pembangunan infrastruktur dasar masyarakat.

Berikutnya, pembangunan dan pengembangan pertanian dalam arti luas dalam upaya pencapaian swasembada dan kemandirian serta ketahanan pangan lokal bahkan nasional.

Selanjutnya, pembangunan sumber daya manusia Kaltim yang lebih berkualitas dan berdaya saing melalui sektor pendidikan dan kesehatan.

“Inilah maksud saya agar para dosen berpendidikan hingga S3 dan bisa melakukan penelitian terhadap kebijakan pemerintah agar diketahui permasalahan maupun solusinya, sehingga percepatan pembangunan dapat diwujudkan,” ungkap Awang. (yans/sul/ri/humasprov)