Kabupaten/Kota Fokus Tuntaskan Investasi di Daerah

by admin / 30 Des 2016 / Lihat Video Disini
#

Keterangan Gambar : Gubernur Awang Faroek Ishak menjelaskan pembangunan jalan tol kepada Presiden Joko Widodo.(syaiful/humasprov)

 

SAMARINDA – Banyak proyek pembangunan infrastruktur di daereah tidak saja bersumber dari anggaran negara (APBN) maupun dana daerah (APBD) baik provinsi ataupun kabupaten dan kota tetapi bersumber dana swasta atau investasi.

Karenanya, Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak meminta para kepala daerah baik bupati maupun walikota fokus menyukseskan proyek-proyek infrastruktur yang didanani investor.

Permintaan itu disampaikan Gubernur pada saat penyerahan DIPA, Alokasi Dana Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) di Samarinda, belum lama ini.

Menurut dia, proyek-proyek infrastruktur yang menggunakan dana swasta itu tersebar di berbagai daerah dan berkaitan langsung dengan kebutuhan masyarakat.

“Selain melaksanakan kegiatan dari APBN ataupun APBD, saya berharap investasi yang bersumber dari luar negeri di kabupaten dan kota dituntaskan dengan baik,” kata Awang Faroek.

Misalnya, pembangunan jalan tol yang menghubungkan dua kota (Balikpapan dan Samarinda) sepanjang 99,2 kilometer selain APBN juga mengggunakan dana LOAN dari China.

Termasuk, pembangunan rel kereta api jalur Kutai Barat hingga kawasan industri Maloy Kutai Timur melewati Kutai Kartanegara dana investasi bersumber dari Federasi Negara Rusia.

Juga, pembangunan kawasan industri Buluminung di Kabupaten Penajam Paser Utara terintegrasi dengan Kawasan Industri Kariangau Balikpapan didukung dana investasi Rusia.

“Ada lagi pembangunan pembangkit listrik tenaga uap dan gas serta pabrik pupuk di Bontang. Proyek-proyek itu merupakan investasi asing dengan dana besar dan kepala daerah bersama masyarakat harus menyukseskan pembangunannya,” harap Awang Faroek. (yans/sul/humasprov)