Kaltim - DIY Tingkatkan Kerjasama Transmigrasi dan Pendidikan

by admin / 11 Jan 2017 / Lihat Video Disini
#

Keterangan Gambar : Sekprov Kaltim Rusmadi bersama Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X.(dok humasprov)

 

SAMARINDA – Pemerintah Provinsi Kaltim akan terus meningkatkan kerjasama dengan Pemprov Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Hal itu diungkapkan Sekretaris Provinsi Kaltim Dr H Rusmadi usai mendampingi Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X meninjau kawasan transmigrasi di L3 Tenggarong Seberang Kutai Kartanegara, Minggu (8/1).

Menurut dia, Kaltim memiliki kawasan yang sangat luas dan memerlukan dukungan pertambahan penduduk guna memacu pertumbuhan ekonomi daerah. Dia menjelaskan DIY merupakan salah satu daerah yang selama ini sudah memiliki hubungan kerjasama dengan Kaltim terkait program transmigrasi dan pendidikan.

“Kehadiran Sri Sultan Hamengku Buwono X  ke Kaltim ini kita manfaatkan untuk meningkatkan kerjasama, khususnya pengembangan kegiatan transmigrasi dan pendidikan,” kata Rusmadi.

Pengembangan program transmigrasi telah dilakukan Kaltim selama ini dengan mendatangkan warga dari DIY maupun beberapa provinsi di Jawa untuk kegiatan pertanian. Sementara kerjasama program pendidikan dilakukan Pemprov Kaltim karena banyak pelajar dan mahasiswa asal Benua Etam yang belajar di DIY.

Selain itu, banyak kegiatan ekonomi kerakyatan atau industri rumahan baik kerajinan maupun makanan ringan DIY yang dapat dikerjasamakan dengan pelaku usaha di Kaltim. “Kita sudah ada perjanjian antara kedua pihak. Ke depan perlu ditindaklanjuti dengan penandatanganan kesepakatan kerjasama,” ungkap Rusmadi. (yans/sul/es/humasprov)