Kaltim Dapat Penghargaan Rencana Aksi Terpadu PKS

by admin / 11 Mar 2016 / Lihat Video Disini
#

Keterangan Gambar :

SAMARINDA - Sejumlah prestasi ditorehkan Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) selama tahun 2015. Bahkan, pada akhir tahun Kaltim meraih tiga penghargaan sekaligus yakni Kaltim peringkat tiga nasional pelaksanaan Keterbukaan Informasi Publik (KIP), penghargaan atas Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (LAKIP) dan Penghargaan atas Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD).

Penghargaan berlanjut pada 7 Maret lalu.Kaltim menerima penghargaan atas capaian kinerja pelaksanaan rencana aksi terpadu penanganan konflik sosial (PKS) 2015 dari Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Tjahjo Kumolo.Penghargaan tersebut diserahkan Mendagri kepada Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kaltim Yudha Pranoto dalam acara Rakornas Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial 2016 Kemendagri di Hotel Bidakara.

Selain Kaltim, terdapat 9 provinsi lainnya yang mendapat penghargaan yang sama yakni Jawa Timur, Nangro Aceh Darussalam, Sumatera Selatan, Jambi, Lampung, Kalimantan Tengah, Bali, NTT dan Gorontalo.

"Dari 10 provinsi, Kaltim mendapat penghargaan peringkat keempat.Apresiasi tersebut diberikan dengan indikator masalah kondusifitas daerah dan penanganan konflik yang cepat," kata Kepala Badan Kesbangpol Kaltim Yudha Pronoto yang menerima penghargaan mewakili Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak.

Yudha menyebutkan, bahwa selama 2015 tercatat sebanyak 32 rencana aksi daerah tim terpadu PKS di Kaltim salah satunya adalah pada saat pelaksanaan penyelenggaraan pemilukada serentak di Kaltim yang berjalan dengan aman, damai dan tertib.

"Selain itu juga terkait pengawasan terhadap pembukaan lahan secara ilegal dengan cara pembakaran dan sejumlah rencana aksi lainnya," katanya. 

Atas capaian tersebut, Pemprov Kaltim mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Kaltim dan seluruh perangkat pemerintah daerah serta TNI dan Polri yang tergabung dalam Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) karena penghargaan ini merupakan apresiasi negara terhadap kekompakan semua unsur di Kaltim. (rus/sul/hmsprov)