Pemprov Jalin Kerja Sama Pendidikan dengan Victoria University

by admin / 26 Sep 2016 / Lihat Video Disini
#

Keterangan Gambar : //Foto: TINGKATKAN SDM. Dr H Awang Faroek Ishak (kedua dari kiri) bersama jajaran Victoria University usai penandatanganan kerjasama. (ist/humasprov kaltim).

 

Gubernur Jadi Profesor Tamu 

SAMARINDA - Berbagai upaya dilakukan Pemprov Kaltim dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) Benua Etam. Terbaru perjanjian kerja sama bidang pendidikan dilakukan Pemprov Kaltim dengan Victoria University di Melbourne, Australia, Selasa (20/9).

"Benar, Pemprov Kaltim baru saja melakukan kerjasama dengan  Victoria University di Melbourne, Australia. Tujuan kerja sama ini adalah untuk meningkatkan kualitas SDM Kaltim agar lebih profesional dan berdaya saing," kata Kepala Biro Humas dan Protokol Setprov Kaltim, Tri Murti Rahayu, Jumat (23/9).

Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dilakukan antara Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak dengan Wakil Rektor dan Presiden Victoria University Peter Dawkins.

Tri Murti Rahayu menjelaskan, setelah penandatanganan kerjasama tersebut, tindak lanjut akan dilakukan dalam bentuk kerjasama pendidikan melalui Program Beasiswa Kaltim Cemerlang (BKC) bagi para pelajar Kaltim dengan seleksi yang sangat ketat.

Selain itu, kerjasama juga dimungkinkan dalam bentuk eclusive training (pelatihan khusus) bagi para kepala daerah dan pejabat di lingkup Pemprov Kaltim.

"Exclusive training ini diharapkan bisa diikuti oleh para bupati dan walikota, serta para pejabat di lingkup pemprov dan pemerintah kabupaten dan kota," tambah Tri Murti.

Kerjasama lain yang dimungkinkan adalah penelitian kolaborasi antara mahasiswa S2, S3 dan dosen serta peneliti Kaltim dengan Victoria University.

Sebelumnya, dalam upaya meningkatkan kualitas SDM Kaltim, kerjasama dengan sejumlah universitas di Australia pun telah dilakukan.  Di awali pada 2011 lalu, kerjasama dilakukan dijalin bersama Adelaide University  yang kemudian dilanjutkan dengan universitas lainnya di Darwin dan Perth.

Kerjasama yang umumnya bergerak di bidang pendidikan dan kesehatan itu telah menghasilkan banyak lulusan S2 dan S3 dan saat ini telah kembali dan mengabdi di Kaltim.

Saat bersamaan, universitas yang memiliki 11 lokasi kampus di Melbourne dan berdiri sejak 1916 itu secara khusus memberikan kehormatan kepada Gubernur Awang Faroek Ishak dengan mengangkat sebagai profesor tamu (visiting adjunct professor).

"Gelar ini tentu membanggakan. Dengan gelar ini, sewaktu-waktu Pak Gubernur bisa memberikan perkuliahan di Victoria University," ungkap Tri Murti. (sul/humasprov)