Peringatan HGN dan HUT ke-71 PGRI 2016, Guru Garda Terdepan Cerdaskan Anak Bangsa

by admin / 22 Nov 2016 / Lihat Video Disini
#

Keterangan Gambar : ///Foto : Gubernur Awang Faroek Ishak menyerahkan penghargaan kepada para guru Kaltim yang berprestasi di level nasional maupun internasional. (johan/humasprov)

 

SAMARINDA - Peringatan Hari Guru Nasional (HGN) dan HUT PGRI ke-71  sangat diharapkan dapat menjadi momentum  bagi para guru di Kaltim untuk meningkatkan kompetensi, sehingga mampu berkontribusi dalam pembangunan pendidikan daerah dengan mencetak sumber daya manusia (SDM) berkualitas.

Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak menegaskan, tugas dan tanggung jawab  para  guru amatlah besar. Sebab itu hendaknya profesi guru tidak dipandang sebagai beban tapi sebagai kehormatan untuk menumbuhkan generasi baru yang cerdas.

"Guru berada pada garda depan dalam memajukan dan mencerdaskan anak bangsa," tegas Awang Faroek pada peringatan HGN dan HUT PGRI ke-71 tahun 2016 yang berlangsung di ruang serba guna Stadion Madya Sempaja Samarinda, Selasa (22/11).

Gubernur katakan, peringatan HGN tahun ini harus lebih membangkitkan semangat pegabdian para guru dalam rangka melahirkan generasi masa depan Kaltim yang andal dan memiliki sumber daya manusia yang berkualitas, cerdas terampil  dan beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

"Dengan SDM yang berkualitas, cerdas dan terampil kita akan mampu bersaing dan berperan  baik di tingkat nasional maupun internasional ," ujarnya.               

Tema peringatan HGN dan HUT ke-71 PGRI adalah membangkitkan kesadaran kolektif guru dalam meningkatkan mutu pendidikan. Menurut Gubernur, tema tersebut sangat sejalan dengan visi Kaltim Maju 2018 yang bertekad memajukan kehidupan masyarakat melalui peningkatan SDM yang cerdas, terampil, berakhlak mulia yang diwujudkan melalui program Kaltim Cemerlang.  

"Era globalisasi saat ini, menuntut kemampuan daya saing yang kuat dalam penguasaan teknologi, manajemen dan SDM, karena keunggulan SDM lah yang akan menentukan siapa yang mampu menjaga kelangsungan hidup," katanya.

Gubernur melanjutkan, tanpa dukungan guru yang memiliki dedikasi, integritas dan profesionalisme, maka percepatan peningkatann mutu dan daya saing SDM akan berjalan lambat.

Karena itu, Pemprov Kaltim secara khusus memberikan apresiasi kepada PGRI Kaltim yang selama ini telah memberikan dukungan pada upaya peningkatan mutu dan daya saing pendidikan di Kaltim.

"Pemprov dan PGRI diharapkan bisa terus bersinergi untuk mengatasi berbagai permasalahan dan bersama-sama  pula dalam mewujudkan dan menyukseskan program-program pendidikan dalam rangka melahirkan SDM yang berkualitas dan mampu didayagunakan  untuk membangun daerah," kata Awang Faroek.

Dalam acara tersebut, Gubernur Kaltim juga menyerahkan secara simbolis Beasiswa Kaltim Cemerlang dan penghargaan kepada guru berprestasi dan berjasa. Acara dihadiri Wakil Gubernur Kaltim HM Mukmin Fasiyal HP, Ketua DPRD Kaltim HM Syahrun, para asisten serta FKPD dan SKPD di lingkungan Pemprov Kaltim dan  ribuan anggota  PGRI  Kaltim. (mar/sul/humasprov)