Semua Pihak Tanggulangi  AIDS

by admin / 10 Des 2016 / Lihat Video Disini
#

Keterangan Gambar :

 

SAMARINDA – Penanggulangan penyakit HIV/AIDS di Kaltim tidak hanya tanggung jawab Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) dan Dinas Kesehatan saja. Namun, semua pihak lintas sektor juga punya tanggung jawab dalam hal penanggulangan HIV AIDS.

Sekretaris Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Jurnanto mengatakan, peran lintas sektor dalam mendukung upaya penanggulangan HIV AIDS di Kaltim perlu dilakukan secara masif agar pencapaiannya semakim baik.

"Tanggung jawab dalam penanggulangan AIDS ini perlu dilakukan secara masif atau secara meluas dari berbagai sektor. Jadi, bukan hanya tanggung jawab KPA atau Dinas Kesehatan saja. Tapi juga perlu dukungan semua pihak, mulai dari kalangan TNI, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), dan masyarakat," katanya.

Berdasarkan laporan dari Dinas Kesehatan Kaltim, penyebaran virus HIV/AIDS sudah menyebar di seluruh Kaltim atau pada 10 kabupaten dan kota yang sampai saat ini secara kumulatif sejak 1993 sudah ditemukan 4.947 orang pengidap HIV dan yang sudah menjadi penderita AIDS 987 orang dan di antaranya telah meninggal dunia 437 orang.

"Sampai saat ini, kasus baru HIV AIDS masih terus ditemukan. Apalagi, pengidap HIV/AIDS yang terbanyak adalah pada kelompok generasi muda yang perlu mendapat perhatian serius semua pihak karena generasi muda ini adalah pewaris masa depan bangsa yang harus diselamatkan dari penyakit HIV/AIDS," katanya. (rus/sul/ri/humasprov)