Kalimantan Timur
Peninjauan Korban Kebakaran Karang Asam

SAMARINDA - Atas nama rakyat Kaltim Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak melalui dana masyarakat Kaltim Peduli Bencana menyumbangkan bantuan dana senilai Rp279 juta untuk korban kebakaran Karang Asam, Jalan Slamet Riyadi, Kelurahan Karang Asam Ilir, Kecamatan Sungai Kunjang, Samarinda yang terjadi Kamis 10 Maret 2016 lalu.  Jumlah korban kebakaran ini sebanyak 279 kepala keluarga (KK) dari empat RT, yakni RT 16, RT 31, RT 32, RT 33.

Awang mengatakan bantuan tersebut lebih diutamakan untuk mendukung fasilitas umum masyarakat korban kebakaran, yakni 1 langgar, 2 Taman Kanak-Kanak dan 1 Posyandu.

“Melalui BPD Kaltim selaku Bendahara Kaltim Peduli Bencana, Pemprov Kaltim atas nama rakyat Kaltim menyumbangkan dana bantuan sebesar Rp279 juta yang diterima Lurah Karang Asam Ilir Akbariyah,” kata Awang Faroek Ishak ketika meninjau korban kebakaran, Ahad kemarin (13/3).

Gubernur Awang Faroek Ishak juga menyampaikan ucapan turut berduka atas musibah tersebut. Musibah ini diharapkan dapat menjadi pelajaran agar tidak terulang kembali.

Selanjutnya Pemprov Kaltim bersama jajaran Pemkot Samarinda akan melakukan rapat koordinasi terkait pembenahan lahan yang terbakar tersebut. Karena dari empat RT adalah lahan milik Pemprov Kaltim, sehingga harus dicarikan solusinya.

“Karena itu, saya minta Walikota Samarinda dan jajaran Pemkot Samarinda segera lakukan rapat koordinasi terkait permasalahan tersebut. Selanjutnya, saya meminta walikota untuk mengubah Tata Ruang Kota Samarinda, sehingga ke depan tidak ada lagi rumah penduduk yang tidak rapi,” harap Gubernur.

Selain itu, Dinas Sosial Kaltim juga memberikan bantuan sebesar Rp255 juta dalam bentuk barang, berupa beras sebanyak 3 ton, makanan siap saji, perlengkapan anak dan perlengkapan sekolah. (jay/sul/hmsprov)    

Berita Terkait