Kalimantan Timur
Gubernur: Arahkan Program SKPD untuk Bantu Kabupaten Mahakam Ulu


SAMARINDA - Gubernur Kaltim  Dr H Awang Faroek Ishak  meminta seluruh jajaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lingkup Pemprov Kaltim bersatu memberikan bantuan prioritas program pembangunan untuk Daerah  Otonomi Baru, Kabupaten Mahakam Ulu untuk mempercepat pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat di kawasan perbatasan.

"Paling tidak harus ada hal yang cepat dilakukan oleh segenap jajaran SKPD, dengan  membuat program yang mampu memenuhi harapan dan mimpi masyarakat Kabupaten Mahakam Ulu sebagai daerah otonomi baru," kata  Awang Faroek Ishak, belum lama ini.

Sesuai dengan tugas pokok dan fungsi masing-masing SKPD, mengarahkan program kerja yang mampu memberikan dampak terhadap percepatan pembangunan, sehingga dirasakan langsung oleh masyarakat di Mahakam Ulu, terutama yang berkaitan dengan kebutuhan dasar.

Beberapa hal yang menjadi perhatian, antara lain pembangunan jalan penghubung antardesa untuk membuka keterisoliran wilayah serta pemenuhan kebutuhan energi listrik dan telekomunikasi.

Menurut Awang, keutuhan NKRI bisa terganggu karena masyarakat merasa kurang mendapat perhatian pemerintah. Kalau hanya kurang pangan dan masalah telekomunikasi masih bisa dibicarakan dengan baik.

"Tapi kalau sudah merasa kurang perhatian, kemudian diperparah dengan kurang pangan dan tidak bisa berkomunikasi tentu masalahannya kian komplek. Makanya, kita harus mampu tunjukan bahwa Pemprov Kaltim  punya perhatian besar terhadap pembangunan Mahakam Ulu,  khususnya di kawasan perbatasan," katanya.

Dia juga  berharap seluruh aspirasi masyarakat di kawasan perbatasan di Mahakam Ulu (Mahulu) dapat ditindaklanjuti dengan baik. "Prinsipnya kalau bisa dipercepat. Jajaran SKPD harus mampu memberikan yang terbaik untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Mahakam Ulu sebagai daerah otonomi baru yang wajib mendapat perhatian lebih, bukan saja dari Pemprov Kaltim tetapi juga pemerintah pusat,” kata Awang Faroek.(mar/sul/es/hmsprov).

Berita Terkait