Kalimantan Timur
Kemenpora Dukung Kaltim Gelar Piala Gubernur

Kemenpora Dukung Kaltim Gelar Piala Gubernur

 

SAMARINDA - Piala Gubernur Kaltim yang rencana dilaksanakan di Samarinda dan Kutai Kartanegara pada Puncak HUT Provinsi Kaltim tahun depan mendapat respon positif dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Hal ini disampaikan Kadispora Kaltim Fachruddin Djaprie setelah mendapatk informasi dari Deputi V Bidang Harmonisasi dan Kemitraan Kemenpora Gatot S Dewa Broto bahwa Menpora Imam Nachrowi mendukung penyelenggaraan turnamen tersebut.

“Adanya respon tersebut, kami pastikan Pemerintah Pusat melalui Menpora sangat mendukung penyelenggaraan ini. Karena itu, diyakini kegiatan ini berlangsung sukses,” kata Fachruddin Djaprie di Kantor Dispora Kaltim, Senin (26/10).

Penyelenggaraan ini diyakini akan sukses layaknya Piala Presiden yang baru-baru berakhir. Karena, Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak telah melaksanakan rapat koordinasi tentang kegiatan tersebut.

Even ini akan didukung sejumlah pihak, yakni Pemerintah Provinsi Kaltim melalui Dispora bersama Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) dan Asosiasi Provinsi (Asprov) Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Kaltim.

“Dispora, KONI bersama PSSI mempersiapkan penyelenggaraan dan membentuk panitia untuk stering commite dan organizing commite,” jelasnya.

Tujuan kegiatan ini sebagai upaya bersama demi kebangkitan sepekbola Indonesia, termasuk sepakbola di Kaltim. Agar, prestasi sepakbola Kaltim semakin baik. Karena itu, Dispora, KONI dan PSSI Kaltim segera mengusulkan agenda laga nasional ini ke dalam agenda rutin tahunan olahraga nasional dalam rangkaian HUT Provinsi Kaltim dan dikoordinasikan dengan Menteri Pemuda dan Olaharaga serta PSSI.

Selain itu, klub-klub yang telah menyatakan kesiapan akan bertanding adalah klub yang sudah berlaga diajang Piala Presiden. “Kita perkirakan jumlah klub yang akan berlaga selain yang sudah terdata menjadi 16 tim termasuk tim sepakbola Sukan Borneo. Rencananya pertandingan dipusatkan di Stadion Utama Palaran Samarinda, Segiri Samarinda dan Stadion Aji Imbut Tenggarong,” jelasnya.

Penyelenggaraan diperkirakan 20 hari yang dimulai sejak Puncak HUT Provinsi 9 Januari 2016. Dari kegiatan tersebut, selain memberikan motivasi atlet sepakbola di Kaltim juga meningkatkan ekonomi masyarakat. Karena dengan kegiatan ini kunjungan pendatang semakin meningkat, sehingga mampu meningkatkan ekonomi kerakyatan.(jay/es/hmsprov)  

Berita Terkait