Kalimantan Timur
20 Mei Syukuran Lanjutan Pembangunan Jalan Tol

Seluruh SKPD dan Pemangku Kepentingan Diharapkan Hadir

 

SAMARINDA - Tanggal 20 Mei 2015 merupakan hari peringatan Kebangkitan Nasional, tetapi bagi Kaltim  tanggal tersebut merupakan   momentum dimulainya percepatan pembangunan, khususnya jalan tol. 

"Mengapa saya memilih tanggal 20 Mei, karena hari itu tidak saja diperingati sebagai hari Kebangkitan Nasional,  tetapi bagi Kaltim  tanggal  tersebut merupakan hari kebangkitan dalam percepatan pembangunan," tegas Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak, usai menyaksikan penandatanganan kontrak lanjutan pembangunan jalan tol oleh lima direksi BUMN bersama dengan  konsultan kontruksi dan kunsultan supervisi, pekan lalu di Jakarta. 

Ditambahkan,  sebelum pelaksanaan syukuran atas lanjutan pembangunan jalan tol Balikpapan-Samarinda tersebut, terlebih dahulu masyarakat dan pemerintah daerah akan melaksanakan peringatan Hari Kebangkitan Nasional yang dipusatkan jalan tol Km 13 karang Joang Balikpapan.   

"Dalam syukuran tersebut nantinya akan diundang Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden Jusuf Kalla,  Menko Maritim Indroyono Soesilo,  Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Andrinof Chaniago. Mudah-mudahan mereka bisa hadir, sekaligus meresmikan pabrik Pupuk Kaltim V dan peresmian listrik 2x100 megawatt di Balikpapan," ujar Awang Faroek.

Menurutnya, kalau kemarin Presiden Joko Widodo melakukan groundbreking pembangunan jalan tol Sumatera, maka Kaltim tidak perlu melakukan grounbreaking karena sudah dilakukan mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, jelang akhir masa jabatannya. Jadi syukuran yang nanti dilakukan adalah  terkait kelanjutan pembangunan jalan tol yang nantinya menghubungkan Balikpapan-Samarinda," kata Awang Faroek

Lebih lanjut Awang Faroek mengatakan  mengapa memilih tanggal, 20 Mei 2015? Karena momentumnya adalah peringatan Hari Kebangkitan Nasional dan momentum tersebut juga sebagai kebangkitan percepatan pembangunan di Kaltim. Karena itu momentum 20 Mei sangat tepat bagi Pemprov Kaltim sebagai hari dan tanggal dalam upaya percepatan pembangunan  di segala bidang.

"Bukan saja untuk pembangunan infrastruktur, tetapi juga bidang lainnya, dengan terus melaksanakan program-program yang sudah tertuang dalam rencana kerja pemerintah,  baik jangka pendek, menengah maupun jangka panjang," kata Awang Faroek. (mar/sul/hmsprov)

Berita Terkait