Kalimantan Timur
2.000 Rumah Layak Huni Akan Dibangun Pada 2017

SAMARINDA - Pemprov Kaltim melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kaltim telah memprogramkan pembangunan rumah layak huni yang telah menjadi program Pemprov Kaltim untuk membantu warga miskin agar memiliki rumah yang layak huni pada 2017 mendatang.

Kepala Dinas PU Kaltim Taufik Fauzi melalui Kepala Satuan Kerja Penyediaan Perumahan Dinas PU Kaltim Hendra Irpani mengatakan bahwa pembangunan rumah layak huni tersebut berupa rumah swadaya, rumah khusus dan rumah susun yang telah diprogramkan pada 2017 mendatang dengan membangun rumah sebanyak 2.000 unit yang tersebar di 5 kabupaten dan kota yang ada di Kaltim.

"Selain itu, kami juga akan membangun rumah susun dan rumah khusus yang nantinya akan dibangun di kota Samarinda," katanya Hendra pada Kamis (19/5) di Samarinda.

Hendra menuturkan, bahwa rumah khusus yang dibangun di Kota Samarinda tersebut untuk relokasi rumah-rumah yang berada di bantaran sungai karang mumus yang saat ini sudah terbangun sebanyak 200 unit rumah khusus.

"Sedangkan, untuk pembangun rumah susun itu nantinya untuk pekerja rumah sakit di Kabupaten Kutai Kartanegara dan untuk nelayan di Penajam Paser utara," katanya.

Pembangunan rumah layak huni bagi warga miskin di Kaltim ini merupakan salah satu program prioritas pemenuhan kebutuhan infrastruktur dasar masyarakat dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2014-2018.  Program ini sudah berjalan sejak tahun 2009 dan sudah terbangun sebanyak 5.000 unit rumah layak huni hingga tahun 2013 lalu.

"Hingga 2018 ditargetkan terbangun sebanyak 10.000 unit rumah layak huni," katanya. (rus/humasprov

Berita Terkait