Kalimantan Timur
2013 Target Adipura di Kaltim Tercapai

SAMARINDA-Empat  daerah di Kaltim tahun ini sukses meraih penghargaan Adipura. Empat daerah itu adalah  Kota Balikpapan dan Bontang yang meraih penghargaan Adipura Kencana dan penghargaan Adipura diraih Kota Tarakan dan Penajam Paser Utara (PPU). Sementara Kutai Timur meraih sertifikat atau piagam Adipura.  
 “Memang baru empat daerah yang meraih penghargaan Adipura ini. Kita berharap ke depan lebih banyak daerah yang mendapatkan penghargaan ini,” kata Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kaltim H Riza Indra Riadi, di Kantor BLH Kaltim, Kamis (14/11).  
Penghargaan Adipura dibagi dalam tiga kategori, yakni kota besar, kota sedang dan kota kecil. Kota besar dilaksanakan Samarinda dan Balikpapan. Kota sedang dilaksanakan Bontang dan Tarakan. Sedangkan kota kecil dilaksanakan Paser, PPU, Kutai Kartanegara, Kutai Barat,  Kutai Timur, Berau, Bulungan, Malinau dan Nunukan.
Saat ini, penilaian Adipura Kencana dan Adipura masuk tahap I untuk periode 2013/2014. Untuk penilaian kota besar  dilakukan Kementerian Lingkungan Hidup (KLH). Sementara penilaian kategori kota sedang dan kecil dilakukan oleh tim gabungan dari Pusat Pengelolaan Eko Region Kalimantan dan BLH Kaltim.  
"Semakin banyak daerah menerima penghargaan ini maka jelas sangat baik untuk Kaltim. Sebab program Adipura juga  mendukung gerakan menuju Kaltim Green (Kaltim Hijau),” jelasnya.  
Soal mengapa baru empat daerah yang mampu meraih penghargaan ini,  Riza menjelaskan hingga saat ini masih banyak daerah yang terkendala pengelolaan pasar dan tempat pemerosesan akhir (TPA). (jay/hmsprov)  


 

Berita Terkait
Government Public Relation