Kalimantan Timur
2016, BPPD Kaltim Mulai Garap Infrastruktur Maratua

SAMARINDA - Badan Pembangunan Perbatasan Daerah (BPPD) Kaltim akan melakukan peningkatan pembangunan di kawasan perbatasan dan wilayah pulau terluar. Khusus wilayah pulau terluar seperti di Maratua di Kabupaten Berau, BPPD Kaltim akan melakukan kajian pada tahun 2016.

Kabid Peningkatan Pembangunan Infrastruktur BPPD Kaltim Agung Masuprianggono mengatakan, saat ini BPPD Kaltim masih melakukan koordinasi dengan aparatur pemerintah Kecamatan Maratua terkait potensi dan program serta kegiatan yang semestinya akan ditindaklanjuti oleh pemerintah daerah setempat.

"Tahun ini, kita sudah lakukan koordinasi dengan pihak kecamatan maupun kelurahan. Kami akan melakukan kajian pada tahun 2016. Setelah itu kita akan tindak lanjuti pada tahun 2017. Kami berharap, 2018 semua kebutuhan infrastruktur dalam meningkatkan kesejahteraan akan terealisasi," kata Agung.

Menurut Agung, Kecamatan Maratua telah masuk dalam daerah penanganan lokasi prioritas tahun 2015-2019 dan akan ditetapkan dalam rencana aksi untuk memulai proses pembangunannya di tahun anggaran 2016.

“Tentunya untuk merealisasikan hal tersebut memerlukan kerjasama dengan SKPD terkait di lingkup Pemerintah Kabupaten Berau, khususnya Camat Maratua dengan menyediakan lokasi atau lahan yang telah dibebaskan oleh pemerintah setempat. Termasuk dokumen pendukungnya,” katanya.

Diakuinya, Pulau Maratua saat ini sudah memiliki bandara yang baru-baru ini diresmikan. Meski belum bisa didarati pesawat komersil karena terminal masih belum rampung, BPPD Kaltim berharap tahun 2016 sudah bisa didarati.

"Memang belum bisa didarati. Kami berharap 2016 bisa didarati oleh pesawat penumpang agar jalur perekonomian maupun jalur wisata bahari di Maratua yang berbatasan dengan negara Philipina ini bisa dinikmati oleh masyarakat," tambahnya.

Dia menambahkan menambahkan, BPPD Kaltim akan terus berkoordinasi dan mendorong Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait pembangunan infrastruktur agar Kecamatan Maratua bisa menjadi kawasan wisata bahari yang bisa meningkatkan perekonomian masyarakat. 

"Misalnya Dinas Pekerjaan Umum Kaltim maupun Pemerintah Kabupaten Berau akan kita ajak membangun waduk-waduk kecil untuk menampung air baku dan Dinas Perhubungan Kaltim dan  Kabupaten Berau akan kita ajak untuk membangun dermaga," katanya. (rus/sul/es/humasprov)

Foto : Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo (tengah) saat berkunjung ke Bandara Maratua beberapa waktu lalu. (dok/humasprov)

 

Berita Terkait
Gubernur: Kita Kejar Terus Nilai A
Gubernur: Kita Kejar Terus Nilai A

25 September 2014 Jam 00:00:00
Pemerintahan

Media Massa Adalah Mitra Pemerintah
Media Massa Adalah Mitra Pemerintah

08 Januari 2015 Jam 00:00:00
Pemerintahan

BERITA FOTO
BERITA FOTO

31 Maret 2015 Jam 00:00:00
Pemerintahan