Kalimantan Timur
2.078 Sapi Indukan Australia Masuk Kaltim

2.078 Sapi Indukan Australia Masuk Kaltim

 

SAMARINDA – Diperkirakan 2.078 ekor sapi indukan jenis Brahman Cross dari Australia dengan angkutan kapal laut masuk ke Kaltim melalui Pelabuhan Kariangau Kaltim Terminal (KKT) Balikpapan pada pukul 15.30 WITA.

“Hari ini (kemarin) shipping (pengapalan) pertama ada sekitar 2.078 ekor sapi indukan Brahman Cross dari Australia dari 11 ribu sapi bantuan APBN,” kata Kepala Dinas Peternakan Kaltim H Dadang Sudarya, Selasa (27/10).

Sapi-sapi yang datang dari Pemerintah Northern Territory Australia sebanyak 2.078 ekor Brahman Cross indukan ini akan didistribusikan ke Kabupaten Paser dan Penajam Paser Utara (PPU).

Rencananya lanjut Dadang, pada Kamis (29/10) secara resmi Menteri Pertanian Andy Amran Sulaiman menyerahkan kepada Pemerintah Provinsi Kaltim yang diterima oleh Gubernur H Awang Faroek Ishak di pelabuhan KKT Balikpapan.

Menurut dia, sejumlah sapi di kapal pertama dari empat kapal pengangkut merupakan  tahap awal dari 11.000 sapi bantuan pemerintah pusat melalui APBN untuk  daerah dalam mendukung program 2 Juta Sapi Kaltim.

Berikutnya,  kapal kedua akan berangkat dari Darwin Australia pada 20 Nopember dan diperkirakan tiba pada 24 Nopember mengangkut empat ribu ekor Brahman Cross indukan. Sapi akan disebarkan ke Kutai Kartanegara dan Samarinda.

Selanjutnya, kapal ketiga mengangkut dua ribu ekor dari Karumba Queensland pada 24 Nopember dan tiba 2 Desember di pelabuhan KKT Balikpapan. Terhadap sapi-sapi tersebut akan disistribusikan ke Kutai Barat dan Mahakam Ulu.

Menyusul, kapal keempat memuat tiga ribu ekor dari Karumba dan Darwin tiba sekitar 7 Desember 2015. Brahman Cross indukan akan disebarkan ke Kabupaten Berau dan Kutai Timur.

“Total keseluruhan dari kapal pertama hingga keempat sejumlah 11.078 ekor. Kelebihan sekitar 78 ekor dari 11 ribu oleh rekanan sebagai bentuk mengantisipasi adanya sapi yang mati, sakit ataupun cidera saat perjalanan ke Kaltim,” jelas Dadang Sudarya.

Sementara Kepala Bidang Perbibitan dan Budidaya Dsinak IG Made Jaya Adi mengatakan sapi-sapi sebanyak 11 ribu ekor lebih itu akan didistribusikan kepada kelompok tani ternak utamanya diintegrasikan dengan perkebunan kelapa sawit.

“Sapi Brahman Cross dari Australia ini nantinya diintegrasikan ke program sapi sawit di masing-masing daerah. Pihak Australia juga mengakui kebun sawit memiliki potensi besar untuk ketersediaan pakan ternak,” ujar Made Jaya Adi.

Dia menambahkan sapi Brahman Cross yang masuk dalam alokasi APBD Kaltim sebanyak 950 ekor akan menyusul, sehingga ditarget dukungan APBN dan APBD Kaltim ini mampu mempercepat populasi 2 juta sapi Kaltim pada akhir 2018.(yans/es/hmsporv)

////FOTO : Sapi jenis Brahman Cross dari Australia yang akan disitribusikan ke Kaltim melalui alokasi dana  APBN dan APBD Kaltim 2015.(ist)

 

 

Berita Terkait