Kalimantan Timur
3.792 Pernyataan Aspirasi untuk Otsus

3.792 Pernyataan Aspirasi untuk Otsus

 

SAMARINDA - Gubernur Kaltim H Awaang Faroek Ishak menyebutkan, hingga Selasa kemarin, Pemprov Kaltim telah menerima 3.792  pernyataan  aspirasi dari berbagai komponen rakyat Kaltim terkait dukungan untuk perjuangan otonomi khusus.   

"Ini angka sementara yang kita terima dan kemungkinan akan terus bertambah setelah dilakukan rapat hari ini (kemarin)," kata Awang Faroek Ishak pada Rapat Konsultasi Pemprov Kaltim dengan DPRD Kaltim, sekaligus paparan naskah akademis oleh tim pakar Universitas Gajah Mada dan Universitas Mulawarman Samarinda di ruang rapat DPRD Kaltim, Selasa (10/2).

Awang mengatakan Dukungan tersebut tidak saja datang dari para bupati/walikota tetapi juga dari berbagai komponen masyarakat Kaltim. Pernyataan tersebut akan ditampung dan akan disampaikan ke DPRD Kaltim untuk kemudian dimantapkan dengan aksi turun ke lapangan bersama anggota dewan.

"Setelah ini, kita bisa sama-sama turun ke lapangan," kata gubernur.

Sementera itu, Ketua DPRD Kaltim H Syahrun mengatakan, setelah rapat konsultasi ini, diintruksikan kepada seluruh anggota DPRD Kaltim agar segera turun ke lapangan untuk menindaklanjuti kebenaran aspirasi masyarakat yang menginginkan otonomi khusus.

"Insyaallah, kami pimpinan DPRD Kaltim akan menugaskan semua annggota DPRD Kaltim untuk berkunjung ke semua kabupaten/kota di Kaltim untuk menyerap aspirasi masyarakat yang selama ini disuarakan oleh LSM yang mengatasnamakan masyarakat Kaltim. Tentu   DPRD  Kaltim  ingin mengetahui dengan menemui seluruh bupati dan walikota dan jajaran tokoh-tokoh masyarakat setempat," kata Syahrun.

Setelah itu lanjut Syahrun, DPRD akan mengambil sikap untuk mewujudkan  harapan  masyarakat Kaltim dalam rangka menuntut perjuangan otonomi khusus kepada pemerintah pusat.

"Yang menjadi perhatian dalam upaya mewujudkan otsus adalah sosialisasi yang harus dilakukan terus menerus dari berbagai media, sehingga perjuangan ini benar-benar menjadi aspirasi rakyat Kaltim dan kita harus meyakini bahwa otsus bisa berhasil sesuai apa yang diharapkan," kata Syahrun. (mar/sul/hmsprov)

Berita Terkait