Kalimantan Timur
99,981 Persen Dinyatakan Lulus

Hasil UN SMP di Kaltim

 

SAMARINDA - Tingkat kelulusan Ujian Negara (UN) SMP/SMPT dan MTs Tahun Ajaran 2013/2014 di Kaltim mencapai 99,981 persen. Sebanyak 48.549 siswa dinyatakan lulus dari total 48.558 peserta yang terdaftar sebagai peserta ujian dan hanya sembilan peserta yang dinyatakan tidak lulus karena tidak mengikuti ujian. 

Kondisi ini menunjukan hasil UN tahun ini lebih baik ketimbang UN tahun lalu. Dimana tingkat kelulusan mencapai 99,464 persen atau 54.342 peserta yang lulus dari  54.635 peserta ujian. Tahun lalu 293 peserta ujian yang dinyatakan tidak lulus.

”Melihat perkembangan yang sangat positif ini, kerja keras semua pihak patut kita apresiasi. Mulai dari peran para guru yang terus melakukan bimbingan, hingga peran orang tua yang melakukan pembinaan di rumah," kata Kepala Dinas Pendidikan Kaltim, Musyahrim didampingi Plt Kabid Pembinaan Pendidikan Menengah, Healthyana Marta, Jumat (13/6). 

Selain memberikan apresiasi kepada para guru dan orang tua siswa, Musyahrim juga memberikan apresiasi kepada semua pihak tidak terkecuali masyarakat di lingkungan sekolah yang mampu menjaga suasana kondusif selama pelaksanaan UN .

Keberhasilan UN merupakan dampak evaluasi pelaksanaan UN yang dilakukan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan terhadap hasil ujian tahun lalu. Hasil ujian tidak hanya dibagikan dan dibiarkan begitu saja, tetapi dilanjutkan dengan analisis yang hasilnya disampaikan kembali kepada satuan pendidikan. (sar/sul/es/adv).

 

Berita Terkait