Kalimantan Timur
AFI: Jangan Ada Egoisme Sektoral

Pisah Sambut Kepala BPKP  dan Kanwil Hukum HAM

 

SAMARINDA – Gubernur H Awang Faroek Ishak mengharapkan agar instansi pemerintah daerah dengan instansi pusat (kementerian dan lembaga/badan) di daerah harus mampu membangun kerjasama yang sinergis untuk kemajuan Kaltim.

Harapan tersebut disampaikan Gubernur pada malam pisah sambut Kepala BPKP Kaltim (Bambang Wahyudi Basuki dengan Ari Dwikora Tono) dan Kepala Kanwil Hukum dan HAM (Leo Detri dengan Djoko Setiyono) di Pendopo Lamin Etam, Senin (22/9).

Menurut dia, secara prinsip dan konsep yang sama terutama upaya pemerintah untuk mewujudkan kemajuan daerah dan kesejahteraan rakyat seharusnya tidak ada instansi pusat dan daerah jalan sendiri-sendiri.

“Satu yang saya harapkan jangan ada lagi egoisme sektoral. Tidak ada lagi egoisme pusat ataupun sebaliknya egoism provinsi. Tetapi bagaimana secara bersama-sama berupaya dan bersinergi membangun daerah agar semakin baik dan maju,” harap Awang Faroek Ishak.

Bahkan dia sangat tidak setuju ada ungkapan pemerintah daerah tetapi cukup hanya pemerintah. “Sebab, pemerintah itu satu. Pemerintah pusat atau daerah itu yaitu pemerintah yang memiliki kewajiban melayani rakyat,” ujarnya.

Program-program pembangunan yang ditetapkan pemerintah daerah tentu berpayung pada kebijakan pusat. Karenanya, dalam prakteknya atau pelaksanaan di lapangan harus terbangun sinergi yang saling mendukung dan saling berkoordinasi.

Berdasarkan semangat kebersamaan dan tekad bersama-sama itulah maka pemerintah mampu mewujudkan kemajuan daerah dan kesejahteraan masyarakat. “Tekad dan komitman untuk membangun kita miliki secara bersama dan wajib diwujudkan,” katanya.

Gubernur mengemukakan saat ini telah terbentuk paguyuban SKPD pemerintah daerah dengan instansi vertikal (kementerian, lembaga/badan) di Kaltim. “Kami menginginkan terbentuknya paguyuban ini maka koordinasi dan komunikasi semakin baik,” harapnya.

Awang mengakui selama ini komitmen dan dukungan penuh pemerintah daerah terhadap kinerja dan pelaksanaan program kerja instansi vertikal. “Banyak sarana dan prasarana serta fasilitas isntansi vertikal kita bantu pembangunannya,” jelas Awang Faroek.

Malam pisah sambut dihadiri Sekprov Kaltim H Rusmadi  dan Ketua DPRD Kaltim HM Syahrun serta pimpinan SKPD lingkup Pemprov Kaltim serta pimpinan instansi vertikal di Kaltim.(yans/es/hmsprov).

///FOTO 1, 2 : Gubernur H Awang Faroek Ishak memberi ucapan selamat kepada Kepala Perwakilan BPKP Kaltim Ari Dwikora Tono dan Kepala Kanwil Hukum dan HAM Djoko Setiyono.(fajar/humasprov)

 

Berita Terkait