Kalimantan Timur
Awang Apresiasi Sukses GCF 2017

SUKSES GCF. Gubernur Awang Faroek bersama Dubes Norwegia Vegard Kaale dan gubernur dari provinsi dan negara bagian Anggota GCF lainnya. Sepakat menjaga bumi. (rosehan/humasprov kaltim)

 

Awang Apresiasi Sukses GCF 2017

 

BALIKPAPAN - Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak mengaku sangat gembira karena gelaran Governors' Climate Change Task Force (GCF) Annual Meeting 2017 di Balikpapan berlangsung lancar dan sukses. Apresiasi Gubernur Awang Faroek kepada semua pihak yang telah membantu sukses kegiatan para gubernur dari 38 provinsi dan negara bagian dari 9 negara dunia, pemilik sepertiga hutan tropis dunia tersebut.

 

"Terima kasih dan apresiasi saya untuk semua pihak yang terlibat dalam sukses gelaran istimewa ini. Terima kasih kepada William Boyd (GCF Project Lead), Inobu, semua NGO, masyarakat adat, perusahaan, jajaran kabupaten dan kota, TNI dan Polri. Terima kasih untuk semua yang telah membantu, termasuk juga rekan-rekan media yang hampir seminggu ini setia meliput kegiatan GCF," kata Awang Faroek.

 

Apresiasi juga disampaikan Gubernur Awang Faroek kepada para gubernur dan wakil gubernur serta perwakilan 38 provinsi dan negara bagian Anggota GCF. Gubernur juga merasa sangat berbahagia karena berbagai diskusi dan pembahasan di arena GCF berlangsung sangat produktif dan menyentuh isu-isu terkini.

 

Balikpapan Statement yang disepakati dalam forum ini kata Awang juga menjadi komitmen penting dalam kerangka pencegahan deforestasi dan degradasi hutan, serta perlindungan masyarakat adat dan masyarakat lokal di sekitar hutan. "Kami semua bersepakat, terpenting adalah tindak lanjut aksi dari provinsi dan negara bagian saat mereka kembali ke daerah masing-masing, karena misi kita sama untuk menyelamatkan bumi," sebut Awang.

 

Para gubernur provinsi dan negara bagian lain juga memberikan apresiasi tinggi atas sukses kegiatan di Bumi Etam ini. "Inisiatif Kesepakatan Pembangunan Hijau Kalimantan Timur yang melibatkan semua stake holder patut kita tiru. Komitmen kita sama, demi anak cucu kita," Gubernur Confucio Moura dari Provinsi Rondonia, Brazil.  

 

"Secara keseluruhan, apa yang dilakukan Pak Awang Faroek menjadi inspirasi bagi kami semua. Dan Karena itulah, Provinsi Papua Barat akan terus mendukung GCF dalam upaya-upaya produktif untuk mendorong penyelamatan lingkungan hutan dan alam," ujar M. Lakatoni, Wakil Gubernur Papua Barat.

 

Beragam komentar positif juga disampaikan gubernur dan wakil gubernur lain yang hadir dalam pertemuan GCF tersebut. Rapat tahunan GCF tahun depan akan digelar California, Amerika Serikat. (sul/ri/humasprov)

 

Berita Terkait