Kalimantan Timur
Awang Minta Pergelaran Budaya dan Kesenian Diagendakan Tiap Bulan

SAMARINDA - Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak meminta kepada jajaran  Dewan Kesenian Provinsi Kaltim dan kabupaten dan kota untuk bisa menggalang kerjasama untuk partisipasi yang lebih kreatif.

"Jangan khawatir dengan dukungan pemerintah daerah. Melalui Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait pada prinsipnya kami mendukung pengembangan budaya dan kesenian Kaltim," kata Awang saat menghadiri panggung hiburan rakyat yang digelar oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kaltim di halaman Kantor Gubernur Kaltim, Sabtu (30/1) malam.

   Budaya dan kesenian, menurut Awang erat kaitan dengan semangat menjadikan Kaltim sebagai daerah tujuan wisata. Selain itu pemerintah daerah juga ikut melestarikan budaya-budaya Kaltim yang sangat beragam.

   "Itu harus menjadi perhatian bahwa kita sudah seharusnya turut menjaga kelestarian seni dan budaya kita," katanya.

   Perlu ada perencanaan dari Dewan Kesenian di Kaltim untuk mengembangkan kebudayaan dan kesenian salah satunya dengan mengagendakan kegiatan rutin setiap bulan dengan menampilkan budaya dan kesenian yang ada di Kaltim di halaman Kantor Gubernur atau di tempat lainnya.

   "Gerakkan terus budaya daerah. Saya ingin setiap bulan ada pergelaran budaya dan kesenian di setiap daerah. Kalau tidak di tempat ini (halaman Kantor Gubernur) bisa juga ditampilkan di Convention Hall. Saya minta SKPD terkait memberikan dorongan kepada Dewan

Kesenian karena budaya dan kesenian Kaltim ini patut kita pertahankan," katanya.

   Panggung hiburan rakyat berlangsung meriah. Berbagai tarian, music dan lagu tradisional ditampilkan dalam panggung hiburan rakyat tersebut.

   Bahkan Gubenur Awang Faroek pun ikut menyumbang tiga lagu yang berjudul Ayo Menyanyi, Situmorang dan Can't Help Falling In Love. Asisten Pemerintahan Sekprov Kaltim Sayid Faturrahman juga tampil dengan membacakan puisi karya Taufik Ismail berjudul Membaca Tanda-tanda. (rus/sul/hmsprov)

Berita Terkait
62 Anak Yatim Piatu Terima Santunan
62 Anak Yatim Piatu Terima Santunan

09 Juni 2017 Jam 09:45:45
Sosial

Lensa Kaltim Maju 2018
Lensa Kaltim Maju 2018

07 Agustus 2014 Jam 00:00:00
Sosial