Kalimantan Timur
Bandara Samarinda Baru


A. LATAR BELAKANG

  1. Bandar Udara Temindung Samarinda dengan panjang Landas Pacu 940 m dan Lebar 23 m hanya dapat didarati pesawat kecil jenis Cassa NC-212, ATR-42 (terbatas), dan saat ini tidak memungkinkan untuk dikembangkan  karena sudah dikelilingi oleh pemukiman penduduk dan dari sisi keselamatan penerbangan sudah tidak memadai lagi.
  2. Pengembangan wilayah pusat kota Samarinda dalam radius Approach Pesawat terhambat karena dibatasi oleh Peraturan Keselamatan Penerbangan, yaitu terkait dengan ketinggian bangunan.       
  3. Perkembangan Kota Samarinda saat ini sebagai Ibukota Provinsi Kalimantan Timur serta untuk mendukung jalannya roda pemerintahan dan perekonomian perlu ditopang dengan Bandara yang representatif.
  4. Jarak Balikpapan – Samarinda ± 115 KM dengan waktu tempuh melalui jalan darat lebih dari 3 jam, tidak efisien dan beresiko tinggi terhadap kecelakaan lalu lintas.

 B. DASAR PEMBANGUNAN

  1. Rencana Induk (Master Plan) Bandar Udara Samarinda Baru, Keputusan Menteri Perhubungan No. 28 tahun 2002 tanggal 24 Mei 2002.
  2. Keputusan Menteri Perhubungan Nomor : KP. 223 Tahun 2005 tanggal 21 September 2005 tentang Penetapan Pelaksanaan Pembangunan Bandar Udara Baru Di Sungai Siring, Kecamatan Samarinda Utara, Kota Samarinda Provinsi Kalimantan Timur.

C. FASILITAS BANDARA SAMARINDA BARU

No.

Uraian

Deskripsi

Keterangan

I

Luas Lahan

285 Hektar

Sertifikat

II

Fasilitas Sisi Udara

 

 

1

Runway

2.250 m x 45 m

On going

2

Runway Ultimate

2.500 m x 45 m

 

3

Paralel Taxiway

1

 

4

Exit Taxiway

4

 

5

Pesawat Terbesar

Boeing 737-900 ER

 

6

Apron

73.800 m2 (600 x 123)

On going

III

Fasilitas Sisi Darat

 

 

1

Gedung Terminal

14.000 m2

Sudah Terbangun

a

Jumlah Penumpang

1.500.00 Pax/Tahun

 

b

Ultimate Penumpang

5.000.000 Pax/Tahun

 

c

Penumpang di jam sibuk

1.000 Orang

 

d

Garbarata

4 Unit

 

e

Luas Parkir

30.000 m2/1.000 Mobil

 

2

Bangunan Teknis

 

Sudah Terbangun

a

ATC Tower

8 Lantai

 

b

ATC Centre

410 m2

 

c

Transmitter Station

45 m2

 

d

Electronic Control Centre

130 m2

 

e

Main Fire Station

450 m2

 

f

Meteorological

250 m2

 

g

Airport Maintenance

310 m2

 

h

Chiller Room

440 m2

 

i

Power Station

800 m2

Include 2 Unit Genset 2.000 KVA

j

Apron Service

300 m2

 

3.

Bangunan Penunjang

 

Sudah Terbangun

a

Bangunan Pengolah Air Bersih

50 m3/Jam

 

b

Ground Water Tank

2.400 m3

 

c

Bangunan Pengolah Air Limbah

400 m3/Hari

 

d

Bangunan Pengolah Limbah Kering

50 m3/Jam

 

e

Fuel Farm Office

380 m2

 

f

Terminal Cargo

1.150 m2

 

g

Hanggar

3.636 m2

 

h

Gedung Administrasi

1.250 m2

 

i

Kantin Staf

300 m2

 

j

Medical Centre

370 m2

 

k

Staf Housing

21 Unit

 

l

VIP Room

745 m2

 

 

D. REALISASI ANGGARAN

No.

Uraian

Nilai (Rp)

Sumber Dana

1

Fasilitas Sisi Darat (2011-2013)

620 Milyar

APBD Kaltim

2

Fasilitas Sisi Udara (2013-2014)

120 Milyar

APBD Kaltim

3

Fasilitas Sisi Udara (2014-2016)

689 Milyar

APBD Kaltim

 

Jumlah

1,429 Trilyun

 

 

E. KEBUTUHAN ANGGARAN UNTUK PENYELESAIAN BANDARA SAMARINDA BARU

No.

Uraian

Prakiraan Biaya

Keterangan

1

Taxiway

190 Milyar

Diusulkan APBN

2

Perkerasan Apron (300m x 123m)

95 Milyar

Diusulkan APBN

3

Peralatan Komunikasi, Navigasi, Pengamatan Penerbangan, ILS dan Garbarata 4 Unit.

100 Milyar

Diusulkan APBN

4

Jalan Inspeksi

30 Milyar

Diusulkan APBN

5

Pemasangan Pagar Bandara

20 Milyar

Diusulkan APBN

6

Landscape

25 Milyar

Diusulkan APBD

7

Furniture

15 Milyar

Diusulkan APBD

 

Jumlah

475 Milyar

 

  

Berita Terkait
Data Masih Kosong
Data Masih Kosong