Kalimantan Timur
Bangun Jiwa yang Sehat dengan Tidak Merokok

Bangun Jiwa yang Sehat dengan Tidak Merokok

 

SAMARINDA - Pelaksana Tugas (Plt) Sekprov Kaltim Dr H Rusmadi mengatakan kampanye komitmen untuk tidak merokok yang dilaksanakan serentak di Indonesia, merupakan upaya bersama untuk membangun masyarakat yang sehat.

Dengan tidak merokok, maka berarti masyarakat turut serta melaksanakan pola hidup sehat. Sebab, merokok hanya akan membuat kesehatan masyarakat terganggu.     “Jadi, selain pola makan harus diatur dengan baik, masyarakat diharapkan tidak merokok. Sebab, merokok hanya akan merusak kesehatan.  Ketagihan merokok akan merusak jaringan otak,” kata Rusmadi usai menghadiri kampanye komitmen tidak merokok di Halaman Parkir Stadion Segiri Samarinda, Minggu (16/11). 

Selain masyarakat, Rusmadi juga mengimbau kepada seluruh pegawai negeri sipil (PNS) khususnya di lingkungan Pemprov Kaltim untuk tidak merokok. Selanjutnya, jika memang sulit untuk tidak merokok, diharapkan berupaya mengurangi, sehingga ke depan dapat berhenti merokok.

Bahkan, seluruh pegawai jika masih merokok, diharapkan tidak merokok di ruang kerja. Karena pemerintah sudah memberikan tempat khusus untuk merokok. Bagi para pelanggar akan diberikan sanksi.

"Tempat sudah ada untuk merokok. Jika memang masih ada, maka pemerintah akan memberikan sanksi kepada pegawai yang merokok tidak pada tempatnya,” jelasnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kaltim dr Rini Retno Sukesi mengatakan tujuan kampanye komitmen tidak merokok untuk mewujudkan masyarakat yang sehat. Selain itu, juga sebagai rangkaian memperingati Hari Kesehatan Nasional ke-50  tahun 2014.

“Kegiatan ini serentak dilakukan di Indonesia. Khusus di Samarinda Pemprov Kaltim mengundang 2.000 masyarakat untuk mengikuti kampanye tersebut. Mulai dari, pelajar, mahasiswa hingga masyarakat umum untuk berpartisipasi dengan ditandai cap telapak tangan,” jelasnya. (jay/sul/hmsprov)

Berita Terkait