Kalimantan Timur
Bawaslu Puji Pemprov Sosialisasikan Pemilu

Diskusi Bulanan Pemprov Kaltim dengan Media Massa

SAMARINDA Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kaltim memberikan apresiasi tinggi atas partisipasi Pemprov Kaltim untuk melakukan sosialisasi pemilihan umum  (Pemilu) 2014 yang akan dilaksanakan 9 April untuk pemilihan legislatif dan 9 Juli 2014 untuk pemilihan presiden dan wakil presiden.

Hal ini menunjukkan bahwa Pemprov Kaltim sangat mendukung proses penyelenggaraan Pemilu di daerah ini. Diharapkan, dengan berbagai sosialisasi yang dilakukan terus dilakukan Pemprov Kaltim, partisipasi masyarakat dalam menentukan pilihan calon legislatif dan pasangan presiden dan wakil presiden semakin meningkat.

“Ketika salah satu pimpinan Bawaslu Pusat berkunjung ke Kaltim, tepatnya di Samarinda, dia merasa kagum melihat sejumlah atribut pengumuman tentang Pemilu yang dipasang Pemprov Kaltim. Karena itu, kami sangat berterimakasih kepada Pemprov Kaltim atas dukungan tersebut,” kata Bawaslu Kaltim, Hairul Akbar saat menjadi pembicara pada Diskusi Bulanan Pemprov Kaltim dengan Media Massa tentang Sukses Pileg dan Pilpres 2014 di Kaltim yang dilaksanakan di Kantor Diskominfo Kaltim, Kamis (20/3).

Melalui dukungan Pemprov Kaltim, mulai dari pengumuman dengan menggunakan spanduk dan umbul-umbul serta baliho, diharapkan hal ini dapat membantu memaksimalkan partisipasi masyarakat untuk tidak golput. 

Dia menambahkan, pelaksanaan pemilu legislatif tersisa beberapa minggu lagi, diharapkan kesiapan KPU Kaltim dapat lebih baik, sehingga pelaksanaan berjalan lancar dan tertib.

“Yang jelas Ketua KPU Kabupaten/Kota se-Kaltim sudah dilantik dan kotak suara juga telah ada diharapkan hal ini dapat mendukung kemudahan pelaksanaan pemilu nanti,” imbuhnya. 

Guna menyukseskan penyelengaraan tersebut, diharapkan sosialisasi dan koordinasi dengan kabupaten/kota terus dilakukan KPU Kaltim, termasuk dengan pemerintah setempat.

Sementara itu, Wakil Direktur Pengembangan Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Wahab Sjahranie (RSUD AWS) Usman Lahjie yang menghadiri diskusi tersebut mengatakan, RSUD AWS telah siap untuk menyukseskan penyelenggaraan pemilu di rumah sakit yang disiapkan bagi pasien rawat inap.

“Ada lima titik yang kami siapkan, yakni di Paviliun Sakura, Paviliun Teratai dan tiga di kelas I, II dan III. Kami juga sudah menyiapkan ruang fisioterapi sebagai antisipasi meningkatnya pasien akibat stres pasca pemilu. Hal ini juga kami lakukan pada periode yang lalu,” jelasnya.

Kepala Dinas Kominfo Kaltim H Abdullah Sani diwakili Kabid Dokumentasi dan Informasi Hendro Prasetyo mengatakan tujuan dari diskusi diharapkan dapat menambah wawasan seluruh media di Kaltim jelang penyelenggaraan Pemilu.

“Diharapkan masyarakat dapat mengetahui penyelenggaraan Pemilu yang disampaikan media massa, sehingga tingkat golput di Kaltim berkurang,” jelasnya. (jay/sul/hmsprov)

//Foto: DUKUNGAN PEMPROV. Hairul Akbar (depan kiri) pembicara pada Diskusi Bulanan Pemprov Kaltim. (fajar/humasprov kaltim).

Berita Terkait