Kalimantan Timur
Beasiswa Cair Lebih Awal

* Hari Ini Gubernur Launching Kartu ATM Cemerlang

 

SAMARINDA–Pendidikan merupakan salah satu program prioritas pembangunan yang dilaksanakan oleh Pemprov Kaltim. Dalam upayanya meningkatkan kualitas pendidikan di Kaltim, Pemprov melakukan sejumlah terobosan, diantaranya adalah program Beasiswa Kaltim Cemerlang. Beasiswa Kaltim Cemerlang digagas pada masa kepemimpinan Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak dan Wakil Gubernur H Farid Wadjdy, telah dilaksanakan sejak 2009.

Dengan target sekitar 30.000 penerima beasiswa setiap tahunnya, hingga 2012 kurang lebih 120.000 ribu pelajar dan mahasiswa asal Kaltim telah menerima Beasiswa Kaltim Cemerlang.

Asisten Kesejahteraan Rakyat Setda Prov Kaltim, H Sutarnyoto, mengungkapkan, selama empat tahun pelaksanaan Beasiswa Kaltim Cemerlang, Pemprov telah mengalokasikan ratusan miliar rupiah. Untuk 2013 ini, kembali diberikan Beasiswa Kaltim Cemerlang dengan target penerima sebanyak 31.000 orang dan total jumlah anggaran sebesar Rp149 miliar.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, Beasiswa Kaltim Cemerlang 2013 lebih cepat diberikan kepada penerima, tepatnya pada Maret. Selain itu juga, jumlah penerima lebih banyak jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Dan yang terpenting adalah penerima Beasiswa Kaltim Cemerlang 2013 akan masuk dalam satu sistem sehingga dapat menerima beasiswa tepat waktu melalui satu bank yang ditunjuk dengan menggunakan Kartu ATM Cemerlang, yang akan dilaunching Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak, hari ini (Sabtu),” ujar Sutarnyoto saat memberikan keterangan pers kepada media cetak dan elektronik di Samarinda, Kamis (21/3).

Dijelaskannya, Kartu ATM Cemerlang merupakan kartu ATM yang dapat digunakan untuk melakukan pencairan dana beasiswa melalui Bank Pembangunan Daerah (BPD) Kaltim, selaku bank yang ditunjuk oleh Pemprov Kaltim untuk mengelola anggaran Beasiswa Kaltim Cemerlang.

“Hal ini untuk menghindari adanya retur yang mengendap dari berbagai bank, dikarenakan kesalahan pada nama dan nomor rekening penerima beasiswa,” jelasnya.

Ditambahkannya, penerima Beasiswa Kaltim Cemerlang sebagian besar adalah pelajar dan mahasiswa di bidang kesehatan. Karena memang pendidikan dan kesehatan merupakan program prioritas Pemprov Kaltim.

“Kita ingin memenuhi kekurangan tenaga kesehatan di Kaltim, seperti dokter, perawat, bidan, ahli farmasi dan lainnya, sehingga pelayanan kesehatan prima kepada masyarakat dapat terwujud di Kaltim,” tambahnya.

Sementara itu, Koordinator Beasiswa Kaltim Cemerlang, Rustandi, mengatakan beasiswa yang segera direalisasikan pencairannya Maret ini, adalah bagi mahasiswa program kesehatan. Mulai dari Akademi Kebidanan (Akbid), Keperawatan (Akper), Dokter Strata I, Dokter Spesialis dan Dokter Strata III.

Sementara itu  verifikasi yang saat ini sedang dikerjakan, yakni untuk program beasiswa kategori prestasi dalam dan luar daerah, baik dari jenjang Diploma, Strata I, Strata III, sedangkan untuk program tersebut, pencairannya juga akan segera diumumkan dan proses pencairannya terus dilakukan.

Diharapkan akhir bulan ini dapat terealisasi.Untuk program stimulan dari jenjang Diploma hingga Strata II masih dibuka pendaftarannya hingga 28 Maret ini. Jumlah pemohon yang telah mendaftar mencapai 33.000 orang.

Sementara, berkas yang terverifikasi awal Maret ini mencapai 12.000 berkas. Tetapi yang lebih banyak berkas terverifikasi adalah program prestasi.“Mudah-mudahan akhir Maret ini program mahasiswa prestasi tersebut dapat diumumkan,” jelasnya. (her/hmsprov).

Berita Terkait