Kalimantan Timur
Beasiswa Kaltim Cemerlang Layak Dilanjutkan

SAMARINDA-Asisten Bidang Kesejahteraan Rakyat Sekprov Kaltim H Bere Ali menyatakan, beasiswa Kaltim Cemerlang yang diprogramkan Pemprov Kaltim  dimaksudkan untuk mendukung peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) daerah.

Melalui beasiswa tersebut diharapkan para penerima manfaat nantinya bisa berkontribusi mendukung pembangunan daerah. Mulai dari pembangunan infrastruktur hingga kesehatan masyarakat. 

“Karena program beasiswa ini merupakan program prioritas yang berguna untuk  meningkatkan kualitas SDM  daerah, maka wajar jika program ini dilanjutkan pada tahun berikutnya. Sedangkan soal pengelolaan Beasiswa Kaltim Cemerlang tentu akan terus kita evaluasi,” kata Bere Ali, Rabu (23/10). 

Menurut dia, saat ini program beasiswa tersebut diperuntukan bagi program studi yang menjadi prioritas kebutuhan daerah di masa mendatang. Tetapi, tetap juga diberikan kepada program lain sesuai kebutuhan.  

Sesuai  harapan Gubernur Awang Faroek Ishak, beasiswa tersebut   diprioritaskan untuk bidang kesehatan, pendidikan, pertanian dalam arti luas, termasuk mendukung mahasiswa Institut Teknologi Kalimantan (ITK) yang saat ini dikuliahkan di ITS Surabaya dan Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Kaltim yang saat ini kuliah di Insititut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta. 

“Termasuk dokter spesialis juga menjadi perhatian Pemprov Kaltim, mahasiswa berprestasi dan atlet berprestasi. Terutama atlet yang berada di SKOI Kaltim,” jelasnya.

Menurut dia, memang banyak juga mahasiswa yang belum menerima beasiswa dan memahami cara mengakses penerimaan beasiswa. Karena itu, program ini juga akan dievaluasi. Sehingga realisasi tersebut tepat sasaran. 

Untuk tahun depan, Pemprov Kaltim bertekad menaikkan jumlah penerima beasiswa, yakni mencapai 50.000 orang. Diharapkan, ketika lima tahun ke depan penerima beasiswa mencapai 250.000 orang. (jay/hmsprov)

FOTO : H Bere Ali

Berita Terkait