Kalimantan Timur
BNPB Bantu Enam Kabupaten/Kota di Kaltim

BNPB Bantu Enam Kabupaten/Kota di Kaltim

 

SAMARINDA - Dalam upaya  memberikan bantuan lebih maksimal pasca terjadinya bencana,  Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)  memberikan bantuan fasilitas kepada Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) di enam kabupaten/kota, yakni Samarinda, Kutai Kartanegara, Balikpapan, Paser, Kutau Barat dan Kutai Timur. 

Kepala BPBD Kaltim Wahyu Widi Heranata menjelaskan, bantuan BNPB tersebut bersumber dari APBN, setelah sebelumnya dilakukan penilaian oleh BNPB dan provinsi  sesuai karakteristik masing-masing daerah.

"Contohnya, mengapa Kabupaten Kutai Timur mendapatkan speedboard fiiber, karena daerah tersebut ada pantainya. Sekaligus memback up KIPI Maloy. Kemudian mengapa Kota Samarinda mendapat truk serba guna, karena di Samarinda sering terjadi musibah kebakaran pemukiman. Truk serba guna tersebut nantinya bisa menjadi pos," papar Wahyu Widhi Heranata, di Lamin Etam Samarinda, Senin (12/1).  

Dengan bantuan tersebut diharapkan para korban dapat dirawat dengan baik dan bantuan fasilitas tersebut dapat dipergunakan sesuai fungsinya.

"Jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya yang terjadi di Sumatera, dimana bantuan  fasilitas yang diberikan tidak dirawat dengan baik, sehingga membutuhkan dana yang cukup besar untuk memperbaikinya," ungkap Wahyu Widhi.  

Bantuan tersebut diserahkan Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak  kepada para bupati/walikota pada Malam Anugrah Kaltim 2015. Enam kabupaten/kota yang menerima bantuan yaitu Kota Samarinda satu unit truk serba guna. Kabupaten Kutai Kartanegara satu unit mobil ambulance dan  satu unit truk tanki air. 

Kota Balikpapan menerima dua unit perahu polyetheline. Kabupaten Paser mendapatkan satu unit truk tanki air dan satu unit speedboad polytheline. Kabupaten Kutai Barat mendapatkan  satu unit speedboad fiber, satu unit truk dapur umum dan Kabupaten Kutai Timur menerima satu unit truk serbaguna dan satu unit speedboad fiber. (mar/sul/es/hmsprov). 

///FOTO : Gubernur Kaltim, Dr H Awang Faroek Ishak menyerahkan bantuan dari BNPB kepada sejumlah bupati dan walikota.(fajar/humasprov)

 

Berita Terkait