Kalimantan Timur
BPMSK Gelar Bimtek Tingkatkan Kompetensi Teknisi

SAMARINDA – Unit Pelaksana Teknis Badan (UPTB) Balai Pengujian Mutu dan Standardisasi Konstruksi (BPMSK) pada Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Kaltim terus berupaya meningkatkan kompetensi teknisi laboratorium penguji untuk memenuhi standardisasi  keterampilan penguji yang berkualitas.
“Sesuai dengan keinginan Gubernur agar aparatur pemerintah mampu memberikan pelayanan publik yang optimal, kami terus berupaya meningkatkan kemampuan teknisi laboratorium melalui bimbingan teknis agar lebih terampil dan berkaulitas,” kata Kepala UPTB BPMSK, Tanto Kusnaeri.
Laboratorium penguji yang dimiliki UPTB BPMSK sebagai laboratorium penguji telah terakreditasi ISO 17025:2008. UPTB ini masih akan menambah dan memperbarui perlengkapan dan peralatan laboratorium. Diperlukan tenaga-tenaga teknis yang terampil dan mampu mengoperasikan peralatan sesuai dengan tuntutan masyarakat atau pengguna jasa.
Diantaranya, keterampilan untuk perhitungan ketidakpastian pengukuran dalam pengujian baik untuk laboratorium mekanika tanah dan batuan serta  laboratorium air dan laboratorium bahan bangunan (beton dan aspal).
“Kita telah memiliki 13 parameter pengujian yang sudah terakrediatsi dan terus meningkatkan kompetensi serta keterampilan para penguji atau teknisi. Selain itu, target 2014 kita akan menambah peralatan atau perlengkapan laboratorium terbaru,” ungkap Tanto.
Sementara itu Kasi Pengujian Mutu dan Standardisasi Winarto mengemukakan melalui kegiatan in house training di lingkup UPTB BPMSK ini kemampuan teknisi yang bersertifikasi terutama untuk melakukan pengujian dalam laboratorium dapat terus ditingkatkan.
Bimtek yang dilaksanakan UPTB BPMSK selama tiga hari sejak 21-23 Agustus menghadirkan pemateri Rulli Ranastra Irawan dari Balai Jembatan dan Bangunan Pelengkap Jalan Pusat Penelitian Jalan dan Jembatan Kementerian Pekerjaan Umum. (yans/hmsprov).
 

Berita Terkait