Kalimantan Timur
Delapan Perpustakaan Terima Akreditasi

HM Aswin (tengah) bersama penerima sertifikat Akreditasi. (masdiansyah/humasprov kaltim)

 

Delapan Perpustakaan Terima Akreditasi

 

SAMARINDA – Tahun ini Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kaltim menyerahkan sertifikat akreditasi kepada delapan perpustakaan sekolah dan umum (swasta). Delapan perpustakaan terdiri perpustakaan SD YPVDP dan SD 2 YPK Bontang menerima Akreditasi A serta SMA Negeri 1 Balikpapan terima Akreditasi C. 

 

Perpustakaan SMA  Negeri 5 Balikpapan, SMPN 4 dan SMPN 5 serta SMAN 2 Bontang dan Perpustakaan Pupuk Kaltim masing-masing menerima Akreditasi B. Menurut Kepala DPK Kaltim HM Aswin, akreditasi guna mengukur seberapa kemampuan perpustakaan memberikan pelayanan terbaik kepada penggunanya.

 

“Kalau mereka diakreditasi berarti perpustakaan itu dinilai telah mampu melayani dan memenuhi standar pelayanan prima kepada penggunanya,” katanya. Didampingi Kepala Bidang Pengembangan Perpustakaan Pembudayaan Kegemaran Membaca Sumindar, disebutkan di Kaltim baru 32 perpustakaan terakreditasi dari 1.726 perpustakaan.

 

Aswin menjelaskan pihaknya terus melakukan pembinaan kepada semua jenis perpustakaan agar mampu memberikan pelayanan sesuai standar pelayanan prima. “Kita berharap perpustakaan di Kaltim ini dapat terakreditasi sebagai jaminan pelayanan prima, sehingga memacu peningkatan kegemaran dan minat baca masyarakat,” harapnya.

 

Penyerahan sertifikat akreditasi dari Perpustakaan Nasional dilaksanakan pada upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-72 di Halaman Gedung DPK Kaltim, Kamis (17/8). Kegiatan dirangkai penyerahan perhargaan kepada Arsiparis Teladan tingkat provinsi yang diperoleh Susan Choinul dari DPA Balikpapan dan Rachmadiana dari DPK Kaltim. (yans/sul/es/humasprov)  

 

Berita Terkait