Desk Pilkada Pantau Pilgub Kaltim

Yudha Pranoto saat mendampingi Pj Sekprov Kaltim Hj Meiliana saat sosialisasi Pigub Kaltim beberapa waktu lalu. (adisuseno/humasprov)

 

SAMARINDA - Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Kaltim Yudha Pranoto  mengatakan  Desk Pilkada merupakan  bentuk dukungan pemerintah daerah dalam  menyambut pesta demokrasi, dengan melakukan  pemantauan, menginventarisir permasalahan, dan melaporkan kepada pemerintah secara berjenjang terkait  pelaksanaan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Kaltim. 

Dikatakan,  Desk Pilkada memiliki peran yang strategis untuk mewujudkan Pilkada secara adil dan nyata. Karena itu diperlukan dukungan semua pihak bersama pemerintah daerah untuk menyukseskan Pilgub Kaltim  agar berlangsung lancar dan aman. "Desk Pilkada  Kaltim setiap hari  atau 1x24 jam  selalu memantau perkembangan  Pilgub Kaltim. Anggota kita ada yang piket untuk menampung perkembangan situasi daerah menjelang penyelenggaraan  Pilgub yang akan digelar 27 Juni mendatang," kata Yudha Pranoto.   

Pemantauan perkembangan situasi dan kondisi daerah menjelang Pilgub Kaltim wajib dilakukan, karena jangan sampai permasalahan sudah melebar baru diketahui. Desk Pilkada bekerja keras melakukan pencegahan dan  antisipasi dari awal agar massa tidak anarkis. "Tugas  Desk Pilkada  untuk selalu memantau dan melaporkan perkembangan situasi Pilgub Kaltim termasuk situasi keamanan dan ketertiban masyarakat menjelang Pilgub Kaltim," ujarnya. 

Menurutnya pembentukan Desk Pilkada melibatkan berbagai seluruh instansi dan  lembaga terkait mulai dari kepolisian/TNI, ASN dari tokoh masyarakat serta lainnya yang mempunyai tugas diantaranya   memantau dan melaporkan hal-hal lain yang berkaitan dengan suksesnya penyelenggaraan Pilgub Kaltim.

Sampai saat ini, lanjut Yudha desk Pilkada belum ada menerima laporan terkait hal-hal yang dapat mengganggu keamanan dan ketertiban khususnya menjelang Pilgub Kaltim. Semuanya  dalam kondisi aman dan terkendali. “Kita bersyukur sampai hari ini, belum ada laporan masuk ke Desk Pilkada terkait Kamtibmas, situasi aman dan terkendali, dan tidak ada hal-hal menonjol yang harus diambil tindakan,”  yakin Yudha. Diharapkan situasi kondusif ini tetap terjaga hingga hari pencoblosan, 27 Juni mendatang.  (mar/sul/humasprov)

Berita Terkait
Government Public Relation