Kalimantan Timur
Diklat Kepemimpinan Tingkat IV

Pengembangan SDM Aparatur Sangat Tepat Melalui Diklat

SAMARINDA - Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak mengatakan, pengembangan dan pemberdayaan  sumber daya manusia  aparatur pemerintahan sangat tepat dilakukan melalui pendidikan dan pelatihan, salah satunya dengan Diklat Kepemimpinan.
"Penyelenggaraan Diklat  bagi PNS, dimaksudkan agar mereka dapat meningkatkan  keahlian, kemampuan dan keterampilan dalam upaya peningkatan  pelayanan kepada masyarakat. Diklat Kepemimpinan ini adalah salah satu cara yang tepat," kata Gubernur Awang Faroek Ishak saat membuka Diklat Kepemimpinan Tingkat IV angkatan enam di lingkungan Pemprov Kaltim yang disampaikan Kepala Bidang Pengkajian dan Pengembangan Bandiklat Kaltim, Anton Progo di aula Bandiklat Kaltim, (16/4).
Ditegaskan Diklat bagi aparatur ini diharapkan memberi korelasi positif terhadap peningkatan kinerja individu dan organisasi seiring peningkatan kemampuan yang diperoleh selama mengikuti  pendidikan dan latihan.  
"Kepada  para peserta Diklat kami ingatkan  sebagai  aparatur pemerintah, di era reformasi ini agar senantiasa meningkatkan prestasi karena kinerja PNS diperhatikan dan dinilai oleh masyarakat," tegasnya.
Disamping itu, PNS memiliki  peran penting yang akan sangat menentukan  keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan daerah. Sehingga harus disiapkan kader-kader pemimpin di tataran struktural pemerintahan dengan paradigma baru yang responsif dan terbuka terhadap perubahan.       
Perubahan mendasar yang harus dilakukan, yakni  perubahan pola pikir, di mana PNS harus tampil sebagai pelayan masyarakat dan membuang jauh-jauh pikiran bahwa PNS hanya bangga saat dilayani bukan melayani.
Gubernur juga mengingatkan pentingnya kedisiplinan pegawai. Sebagai abdi masyarakat, seorang PNS tidak cukup hanya  memiliki integritas dan loyalitas yang tinggi, tetapi juga dituntut memiliki disiplin yang baik.
" Jika semua PNS dapat menerapkan kedisiplinan secara konsisten, yakinlah, roda pemerintahan akan berjalan lancar tanpa gangguan akibat perilaku tidak disiplin," tegas gubernur. (sar/hmsprov).

////Foto: Sejumlah Peserta Diklatpim IV (sarjono. humasprov kaltim)
 

Berita Terkait