Kalimantan Timur
Diknas Optimis Terget Buta Aksara Tuntas 2018

SAMARINDA - Kepala Dinas Pendidikan (Diknas) Kaltim  Hj Dayang Budiarti menjelaskan, pihaknya optimis pencapaian target pemberantasan buta aksara di Kaltim  tuntas pada tahun 2018 mendatang. Data tahun 2015  jumlah masyarakat Kaltim yang masih buta aksara  mencapai 22.750  atau 1,22 persen.
"Pemprov  Kaltim  melalui Program Beasiswa Kaltim  Cemerlang  bertekad akan memberantas buta aksara. Untuk mencapai target  tersebut hingga nol persen memang sangat sulit, tapi akan terus kita upayakan," kata Dayang Budarti usai mengikuti upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional, Senin (2/5) lalu.  
Ditambahkan jumlah buta aksara di Kaltim tiap tahun terus mengalami penurunan. Hal ini menunjukkan keseriusan Pemprov Kaltim melalui Dinas Pendidikan Kaltim dan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota untuk terus menekan angka buta aksara, melalui pendidikan formal maupun non formal maupun melalui kelompok belajar.
Selain itu, Diknas juga telah bekerja sama dengan Anggota TNI yang melaksanakan tugas di desa-desa maupun di wilayah pesisir. Karena buta aksara yang paling banyak berada di pinggiran kota ataupun daerah pesisir.
"Pemberantasan buta aksara sebenarnya bukan tanggungjawab pemerintah, baik provinsi maupun kabupaten dan kota semata, namun menjadi tanggungjawab semua pihak," ujarnya.     
Dayang Budiarti meminta partisipasi semua pemangku kepentingan, terutama di daerah-daerah. Antara lain organisasi-organisasi sosial kemasyarakatan, organisasi wanita, lembaga swadaya masyarakat (LSM) dan peranan tokoh-tokoh masyarakat, sangat diharapkan.
Peranan aparat pemerintahan hingga ke jajaran tingkat yang paling bawah perlu secara aktif turut mensosialisasikan kegiatan program-program pengentasan kebutaaksaraan. Dari camat, lurah, kepala desa sampai ke tingkat RT, sehingga upaya  penuntasan buta aksara  dapat tercapai sesuai apa yang  diharapkan.
"Dengan kerjasama dari berbagai elemen masyarakat, target kita buta aksara di Kaltim tuntas pada 2018," harap Dayang Budiarti. (mar/sul/humasprov

Berita Terkait