Kalimantan Timur
Dinkes dan BKKBN, Bhakti Sosial ke Perbatasan

 

SAMARINDA - Memperingati Hari Kesehatan Nasional 2016,  Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kaltim dan Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Kaltim melakukan bhakti sosial berupa pengobatan dan penyuluhanan bagi masyarakat  wilayah perbatasan khususnya di Kecamatan Long Pahangai dan Long Apari, Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu).

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim dr Hj Rini Retno Sukesi menjelaskan jajaranya bersama dengan BKKBN sejak seminggu lalu sudah turun ke wilayah perbatasan khususnya di Kecamatan Long Pahangai dan Long Apari untuk memberikan pengobatan dan penyuluhan.

"Kegiatan seperti ini sudah  menjadi agenda kita, khususnya dalam memperingati Hari Kesehatan Nasional yang jatuh pada 12 November mendatang. Demikian juga pada hari besar lainnya, kita bersama dinas instansi lainnya turut berpartisipasi melakukan bhakti sosial berupa penyuluhan bagaimana masyarakat bisa melakukan pola hidup sehat dan generasi muda tidak melakukan seks bebas. Semua harus terbebas dari penyalahgunaan narkoba dan HIV/AIDS,"  kata Rini Retno Sukesi.

Selain menggandeng BKKBN, Dinas Kesehatan Kaltim juga menggandeng Dinas Kesehatan Kabupaten Mahakam Ulu. Sinergi yang dilakuakn tidak lain agar kegiatan yang dilakukan dapat berjalan sesuai harapan.

"Selain pelayanan kesehatan,  pihak BKKBN juga  memberikan penyuluhan kependudukan dan pembangunan keluarga berencana," ujarnya.

Menurutnya, penyuluhan program  KB juga sangat penting untuk mengatasi  pertumbuhan penduduk di  Mahulu, karena  dengan pertumbuhan  penduduk yang stabil, maka kualitas keluarga juga akan baik. Semua dimaksudkan untuk mencapai ketahanan keluarga.

"Ini akan memberikan kontribusi pada ketahanan nasional. Jika setiap keluarga berkualitas, maka kelak bukan mustahil akan ada pemimpin baru dari putra-putri  Mahulu," kata Rini Retno Sukesi. (mar/sul/humasprov)

Berita Terkait