Kalimantan Timur
Disbun Kaltim Gelar Pelatihan Fasda I

SAMARINDA – Terhitung 25 Petugas Pendamping Lapangan (PPL) perkebunan mengikuti pelatihan fasilitator daerah (Fasda) I tahun 2016 yang digelar Dinas Perkebunan Kaltim.

  Menurut Kepala Dinas Perkebunan (Disbun) Kaltim Hj Etnawati, pelatihan bertujuan menyiapkan pendidik yang berperan aktif sebagai agen perubahan bagi petani pekebun.

   “Fasda ini melakukan tugas-tugas teknis sesuai keterampilan dasar. Seperti analisis usaha tani, sistem budidaya, kemitraan usaha dan pemasaran hasil,” kata Etnawati didampingi Kabid Pengembangan  Bambang F Fallah, Selasa (12/4).

  Selain itu, Fasda melakukan pendampingan sekaligus pemberdayaan petani dan lembaganya melalui interaksi antara fasilitator dengan lembaga eksternal masyarakat.

  Terpenting lanjutnya, pelatihan ditujukan untuk menyiapkan calon-calon fasilitator (pelatih) yang mampu memberi motivasi dan dukungan bagi masyarakat petani. Termasuk mengorganisir kelompok-kelompok tani dan pemanfaatan sumber daya.

   “Pada dasarnya para Fasda secara kuantitas maupun kualitas mampu mendidik, mendampingi, melatih dan memberdayakan petani pekebun di lapangan,” ungkapnya.

  Dia menyebutkan jumlah tenaga Fasda di Kaltim hingga 2015 sebanyak 62 orang tersebar di kabupaten dan kota. Tahun ini ini kembali dilatih sekitar 25 PPL, sehingga totalnya berjumlah 77 orang. (yans/sul/humasprov

Berita Terkait