Kalimantan Timur
Diskominfo akan Pasang Vsat di Ujoh Bilang

Diskominfo akan Pasang Vsat di Ujoh Bilang

 

SAMARINDA - Pemprov Kaltim melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kaltim  terus berupaya memenuhi kebutuhan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi di seluruh wilayah Kaltim. Hal itu dilakukan untuk menjamin  hak masyarakat memperoleh informasi dan kesempatan berkomunikasi menggunakan berbagai media komunikasi.

"Program pembangunan infrastruktur TIK yang telah kita laksanakan diantaranya pemasangan tower dan VSAT (very small aperture terminal)  untuk membangun jaringan internet yang mampu menjangkau wilayah pedalaman dan perbatasan," kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kaltim Abdullah Sani, Jumat (2/10).

Satu unit VSAT akan segera diserahkan gubernur kepada Pemkab Mahakam Ulu agar bisa segera dipasang dan masyarakat setempat bisa segera menikmati penggunaan telekomunukasi dan internet.

VSAT  nantinya akan dipasang di ibukota Kabupaten Mahakam Ulu,  Kecamatan Ujoh Bilang. Hal itu dilakukan karena hingga saat ini di daerah tersebut  internet belum bisa diakses secara maksimal. Saat ini tim pusat sudah sudah turun  ke lapanagn  untuk melakukan pemantauan lokasi untuk menentukan titik koordinat. Pemantauan dan penentuan titik koordinat juga sedang dilakukan di dua daerah yang masih mengalami blank spot area, yakni beberapa kawasan di Kabupaten Paser dan Kabupaten Berau.

 "Insyah Allah tahun 2015 ini sudah dibangun  baik tower maupun BTSnya (base transceiver  station). Pembangunan tower dan BTS ini menggunakan anggaran   pusat," ujar Sani.

Dikatakan pemasangan VSAT tersebut bertujuan untuk mempercepat laju

Pembangunan di wilayah-wilayah pinggiran,  termasuk wilayah pedalaman dan wilayah tertinggal.  Kehadiran tower dan BTS tersebut diharapkan memperlancar komunikasi masyarakat melalui telpon seluler dan secara langsung juga ikut mendorong laju pertumbuhan ekonomi di kawasan-kawasan tersebut.   

Tidak terkecuali pembangunan menara telekomunikasi di kawasan perbatasan, daerah terpencil dan pulau terluar. Tujuannya untuk membuka keterisolasian akses jaringan telekomunikasi di wilayah yang masih blank spot area atau tidak terhubung jaringan telekomunikasi.

"Kita harapkan pada tahun mendatang VSAT bisa ditambah lagi untuk dipasang pada wilayah-wilayah yang masih belum terjangkau telekomunikasi termasuk juga siaran RRI dan TVRI," kata Sani.   

Dia menjelaskan  VSAT adalah sebuah terminal penerima/pengirim sinyal satelit atau dapat disebut juga stasiun bumi.  Fungsi utama VSAT adalah untuk menerima dan mengirim data ke satelit, kemudian satelit meneruskan sinyal tersebut ke titik-titik lainnya. (mar/sul/hmsprov)

 

Berita Terkait