Kalimantan Timur
DPU Kaltim Lelang 299 Paket Pekerjaaan Bernilai Rp1,3 Triliun

 Proses Lelang Selesai Akhir Februari

 

SAMARINDA – Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kaltim melakukan lelang pengadaan barang dan jasa  yang mencapai 299 paket kegiatan  atau pekerjaan dengan total nilai sebesar Rp1,3 triliun untuk untuk APBD 2013. Seluruhan paket  pekerjaan yang dilelang dapat dilihat di website LPSE (Layanan Pengadaan Secara Elektronik) dan Pemprov Kaltim.

“Hal ini sesuai dengan Perpres Nomor 54/2010 dan perubahan kedua Perpres Nomor 70/2010 yang menganjurkan setiap SKPD mengumumkan  atau menayangkan Rencana Umum Pengadaan (RUP) APBD 2013 pada website LPSE dan Pemprov Kaltim,” ujar Kepala DPU Kaltim, HM Taufik Fauzi didampingi Sekretaris DPU Joko Setiono, Senin (28/1).

Dia menguraikan keseluruhan paket tersebut terbagi pada lima bidang, yakni Bidang Sumber Daya Air 43 paket dengan nilai Rp166,98 miliar, Bidang Bina Marga (62 paket pekerjaan Rp767,66 miliar), Bidang Cipta Karya (178 paket bernilai  Rp371,10 miliar), Bidang Penataan Ruang (lima paket mencapai  Rp4,64 miliar) dan Sekretariat DPU terdapat 12 paket senilai Rp3,36 miliar).

Bidang Sumber Daya Air, paket kegiatan yang dilaksanakan sepanjang 2013 adalah program pengembangan dan pengelolaan jaringan irigasi, rawa dan jaringan lainnya  yang terdiri dari perencanaan pembangunan jaringan irigasi dan reservoir, perencanaan normalisasi saluran sungai, optimalisasi fungsi jaringan irigasi yang telah dibangun dan pembangunan jaringan tata air daerah rawa.

Selanjutnya, program penyediaan dan pengelolaan air baku, terdiri dari pembangunan prasarana pembangunan air dan saluran pembawa. Program pengendalian banjir, yang terdiri dari pembanngunan reservoir pengendali banjir, peningkatan pembangunan pusat-pusat pengendali banjir dan pembangunan pengaman pantai.

Bidang Bina Marga, paket kegiatan yang berjumlah 61 paket terdiri dari, program pembangunan jalan dan jembatan, program pembangunan saluran drainase (gorong-gorong), program pembangunan turap/talud/bronjong, program rehabilitasi/pemeliharaan jalan dan jembatan, serta program inspeksi kondisi jalan dan jembatan.

Sedangkan bidang Cipta Karya, terdiri dari program peningkatan sarana dan prasarana aparatur, program pengembangan perumahan, program pengembangan wawasan kebangsaan, program pengembangan kinerja pengelolaan air minum dan air limbah program pengembangan wilayah strategis dan cepat tumbuh, serta program peningkatan pelayanan publik.

Sementara untuk Bidang Penataan Ruang, terdiri dari dua kegiatan, yakni program perencanaan penataan ruang dan program pemanfaatan ruang. Untuk Sekretariat DPU, terdiri dari lima kegiatan, yakni program pelayanan administrasi perkantoran, program peningkatan sarana dan prasaran aparatur, program peningkatan disiplin aparatur, program penyusunan program dan monitoring ke PU-an, serta program penyusunan informasi ke PU-an.

Joko menambahkan seluruh kegiatan pada 299 paket tersebut lokasinya tersebar di 14 kabupaten/kota se Kaltim, dan seluruhnya sudah masuk pada tahapan lelang. “Lelang di LPSE sudah dilakukan sejak 22 Januari lalu. Jadi saat ini masih pra kontrak atau lelang. Proses lelang tersebut diperkirakan akan selesai pada akhir Februari,” katanya.(her/hmsprov)

Foto : Kantor Dinas Pekerjaan Umum Kaltim.(dok/humasprov kaltim)

Berita Terkait