Kalimantan Timur
DPUPR Fokus Tuntaskan Proyek Strategis Nasional

 

SAMARINDA - Pemprov Kaltim  melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPUPR) memberikan perhatian serius terhadap pembangunan infrastruktur dalam rangka menciptakan konektivitas lokal, regional mapun nasional. Kepala DPUPR Kaltim Taufik Fauzi menjelaskan tahun anggaran 2018 ini, pihaknya akan fokus menuntaskan berbagai proyek nasional maupun proyek pembangunan prioritas Provinsi Kaltim. 

 

Taufik menjelaskan sesuai RPJMD Kaltim 2018, sejumlah  proyek tahun jamak (multiyears contract) baik pembangunan strategis nasional maupun proyek pembangunan prioritas Kaltim, seperti penyelesaian pembangunan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda, penyelesaian  pembangunan Jembatan Kembar (Jembatan IV) dan  Bandara Internasional APT Pranoto. "Selain itu,  kita juga akan menyelesaikan pembangunan infrastruktur  KIPI Maloy, termasuk  pembangunan dan penyelesaian  infrastruktur jalan lainnya agar bisa  lebih baik lagi," kata Taufik Fauzi. 

 

Ke depan lanjut  Taufik Fauzi, sesuai harapan gubernur Kaltim setelah terselesaikannya pembangunan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda, kemudian nantinya akan dilanjutkan pembangunan Jalan Tol Samarinda-Bontang sampai ke Maloy di Kutai Timur. "Kita akan terus berjuang ke pusat agar  setelah selasai pembangunan jalan tol Balikpapan-Samarinda,  nantinya  pusat bisa membantu pembiayaan untuk pembangunan Jalan Tol Samarinda-Bontang," tambah Taufik.

 

Selain itu, untuk menuntaskan pihaknya juga akan fokus untuk meneyelesaikan pembangunan infratruktur jalan dan jembatan yang menghubungkan antar wilayah di Kaltim sebagai upaya untuk memutus keterisolasian dan menumbuhkan perekonomian  masyarakat pedalaman dan perbatasan. "Dengan pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan, kita harapkan akses transportasi masyarakat semakin cepat dan itu akan memacu percepatan pertumbuhan perekanomoan khususnsya masyarakat yang berada di pedalaman dan perbataaan," kata Taufik Fauzi. (mar/sul/humasprov) 

Berita Terkait