Kalimantan Timur
Dukung pelaksanaan keterbukaan Informasi, Gubernur Minta OPD Wajib Perbarui Informasi

 

SAMARINDA - Gubernur Kaltim H Awang Faroek Ishak  selalu mengingatkan  untuk  menjamin pemenuhan kebutuhan informasi publik dalam rangka mendukung pelaksanaan Keterbukaan Informasi Publik (KIP) di daerah, maka diminta kepada seluruh organisasi perangkat daerah (OPD)  lingkup Kaltim untuk selalu memperbarui  informasi websitenya. "Website setiap OPD harus selalu diperbaharui dan disajikan secara lengkap, sehingga  informasi  yang  disampaikan dapat  memenuhi kebutuhan informasi masyarakat terkait dinas instansi terkait," kata Awang Faroek Ishak, belum lama ini.

 

Menurut  Awang Faroek,  makna keterbukaan informasi sebenarnya membuka mata pajabat publik untuk secara sadar menyampaikan informasi publik. Baik dalam kaitan memenuhi kebutuhan informasi masyarakat, maupun transparansi pengelolaan dan pemanfaatan anggaran.  Selain  itu,  pemprov   juga mengajak keterlibatan masyarakat untuk melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan program membangunan maupun dalam transparansi pengelolaan pemanfaatan anggaran," kata Awang Faroek. "Oleh karena itu, malu jika kita masih belum sepenuhnya terbuka. Pendek kata semua OPD harus bisa  menginformasikan program-program pembangunan yang telah  dilaksanakan," ujarnya.

 

Selain itu, Awang Faroek juga meminta kepada OPD agar dapat memegang  komitmen dalam  mewujudkan keterbukaan keterbukaan informasi, karena hal  itu sejalan dengan tekad  untuk mewujudkan pemerintahan  yang bersih dan berwibawa, serta bebas korupsi, dan Kaltim sebagai island of integrty  menuju wilayah bebas korupsi. "Untuk mewujudkan  itu semua, kuncinya adalah  keterbukaan  informasi,  baik dalam pelaksanaan program-program pembangunan maupun dalam pemanfaatan anggaran," kata Awang Faroek. (mar/sul/ri/humasprov) 

 

Berita Terkait