Kalimantan Timur
Fasilitas RS Kaltim Lampaui Standar WHO

* Menkes Nafsiah Mboi :

 

BALIKPAPAN – Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi mengakui fasilitas kesehatan berupa sarana dan prasarana kesehatan terutama rumah sakit (RS) di Kaltim dengan tempat tidurnya telah melampaui standar yang telah ditetapkan WHO (World Health Organization/Badan Kesehatan Dunia).

“Jumlahnya mencapai 50 rumah sakit atau sudah mencukupi rasio tempat tidur terhadap penduduk yakni 1,5 tempat tidur untuk per 1.000 orang,  sedangkan standar WHO rasio ideal satu tempat tidur berbanding per 1.000 penduduk berarti melampaui standar badan dunia itu,” kata Nafsiah Mboi saat Grand Opening Siloam Hospital Balikpapan, Kamis (17/1).

Menurut Nafsiah, sesuai data Kementerian Kesehatan hingga januari 2013 ini telah menunjukkan jumlah rumah sakit di Kaltim mencapai  50 rumah sakit terdiri dari 29 rumah sakit publik atau milik pemerintah daerah dan sebanyak 21 milik swasta.

Namun untuk mencukupi seluruh wilayah kabupaten lainnya terkecuali Kota Samarinda, Balikpapan, Bontang dan Tarakan sebenarnya masih diperlukan tambahan secara keseluruhan 1.300 tempat tidur.

Karenanya, kebijakan Gubernur Awang Faroek sudah sejalan dengan pemerintah pusat yakni untuk memenuhi kebutuhan dimulainya pelaksanaan jaminan sosial nasional bidang kesehatan 2014 agar menyiapkan sarana, prasarana serta sumber daya kesehatan.

Terutama menguatkan sis

Berita Terkait