Kalimantan Timur
Festival Derawan Dilaunching Secara Nasional

SAMARINDA – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreaif segera melakukan   Grand Launching dan Mini Exibition Festival  Derawan 2013 untuk tingkat nasional pada hari Rabu, 19 Juni di Jakarta. Sebelumnya di tingkat daerah Festival Derawan telah diperkenalkan di Samarinda dan Kabupaten Berau sebagai tempat penyelenggara.

 “Setelah grand launching secara nasional oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Jakarta dan dihadiri oleh Gubernur Kaltim Dr. H. Awang Faroek Ishak, maka sejumlah kegiatan secara resmi segera dilaksanakan,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kaltim, H.M Aswin di Samarinda, Jumat (14/6).

Agenda yang segera dilaksanakan pada tanggal 20-25 Juni adalah Kejuaraan Nasional Selam yang diikuti oleh atlet-atlet selam yang tergabung dalam Persatuan Olahraga Selam Indonesia (POSI).

Agenda lainnya di bulan Juni ini adalah lomba fotografi di dalam air pada 26-28  Juni dan penciptaan rekor baru untuk Guiness World of Record bagi usia 50 tahun ke atas yang direncanakan diikuti oleh 3.000 orang penyelam.

Selanjutnya, pada September,  agenda yang telah disiapkan adalah Lomba rally Yacht pada 12-20 September, Gamma Fishing pada 12-15 September, Coral Triangle Initiative and Small Island International pada 16-17 September.

Selain kegiatan yang sifatnya perlombaan tingkat daerah dan nasonal, panitia juga menyelenggarakan pameran seputar Festival Derawan,  panggung gembira dan pementasan seni dan budaya yang dilaksanakan di ibukota Kabupaten Berau, Tanjung Redeb.

“Pada pertengahan bulan September, yaitu pada puncak acara akan dihadiri oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono beserta rombongan yang akan mengadakan kunjungan ke Pulau Derawan, Maratua dan pulau-pulau di sekitarnya,” ujarnya.

Sementara itu, ada juga kegiatan turnamen terjun payung oleh Persatuan Olahraga Terjun Payung Indonesia yang akan menerjunkan 1.000 penerjun professional, kegiatan bakti sosial Pramuka dan Pemuda, dan lain-lain.

“Seluruh kegiatan Festival Derawan 2013 tidak saja dilaksanakan di Pulau Derawan tetapi juga di Tanjung Redeb. Diharapkan efek ekonomi tidak saja dirasakan oleh masyarakat di Pulau Derawan  dan sekitarnya tetapi juga seluruh masyrakat Kaltim,” ujarnya.

Hingga saat ini, panitia dan juga event organizer telah memasang sejumlah spanduk, umbul-umbul dan baliho di sejumlah tempat, baik di Bandara Internasonal Soekarno-Hatta, Bandara Sepinggan Balikpapan dan Bandara Kalimarau Berau.

“Bahkan untuk promosi telah melibatkan sejumlah media nasional  dan daerah baik media cetak, elektronik serta online. Panitia juga telah membuat website dengan alamat www.Indonesia.travel,” jelas Aswin.  (yul/hmsprov)

Berita Terkait