Kalimantan Timur
FKIP Unmul Siap Kawal Arahan Gubernur

Gubernur Awang Faroek bersama pimpinan FKIP Unmul. (adi suseno/ humasprov kaltim)

 

FKIP Unmul Siap Kawal Arahan Gubernur 

 

SAMARINDA - Pembangunan sumber daya manusia SDM Kaltim butuh dukungan semua komponen daerah. Termasuk jajaran civitas akademika Fakultas Keguruan dan Ilmu Kependidikan Universitas Mulawarman (FKIP Unmul). Mereka diharapkan dapat menjadi motor penggerak peningkatan kualitas SDM di daerah. Karena itu, FKIP harus terus meningkatkan kualitas tenaga dosen dan sarana prasarana di lingkungan fakultas tersebut. 

 

"FKIP adalah pencetak calon guru. Wajar jika lembaga ini menjadi penggerak peningkatan kualitas SDM di daerah ini. Pasalnya, guru yang berkualitas akan menciptakan manusia yang cerdas dan berkualitas. Tidak mungkin bisa mencetak manusia cerdas dan berkualitas tanpa guru yang berkualitas," kata Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak saat menerima kunjungan Dekan FKIP Unmul Amir Masruhim dan jajaran Akademik FKIP di Kantor Gubernur Kaltim, Selasa (8/8).

 

Lanjut Awang, itulah tujuan utama FKIP dibangun di Unmul, yaitu mencetak SDM masa depan yang berkualitas. Awang mengatakan, FKIP Unmul memiliki gedung dan sarana prasarana penunjang serta tenaga dosen yang bagus. Diharapkan itu semua dapat membantu pemerintah mewujudkan peningkatan kesejahteraan rakyat melalui dunia pendidikan. 

 

Selain itu, Awang berpesan agar FKIP Unmul juga dapat mengembangkan pendidikan sesuai arahan Presiden Joko Widodo. Pengajaran pendidikan yang dimaksud, yaitu pendidikan Pancasila, bela negara dan pencegahan bahaya narkoba.

 

"Jadi, saya minta FKIP Unmul lebih dulu mengembangkan tiga pengajaran pendidikan tersebut bekerjasama dengan berbagai pihak. Karena itu, fakultas ini harus menyiapkan dosen-dosen spesialis yang dapat mengajarkan pendidikan tersebut. Jadi, dimulai dari kampus, kemudian ke sekolah-sekolah dengan disesuaikan tingkatan jenjang pendidikannya. Artinya, pusat baru berencana kita sudah melaksanakan," harap Awang.

 

Sementara Dekan FKIP Unmul Amir Masruhim menyatakan siap menjalankan arahan Gubernur Awang Faroek. Terutama dalam pengembangan pembelajaran pendidikan Pancasila, bela negara dan pencegahan bahaya narkoba.

 

"FKIP siap menjalankan arahan gubernur. Apalagi sudah ditunjang dengan SDM yang kini semakin bagus. Begitu juga dengan pengembangan tiga pendidikan yang dimaksud," kata Amir Masruhim. 

 

Yang jelas FKIP siap mengawal pengembangan pembelajaran tersebut dengan buku panduan atau pedoman yang dapat menjadi bahan pembelajaran. Sehingga dapat dikembangkan mulai jenjang sekolah dasar hingga perguruan tinggi.

 

Selain itu, dalam kesempatan tersebut FKIP Unmul melaporkan kepada Gubernur Kaltim akan dilaksanakan silaturrahim Forum Komunikasi Dekan FKIP se-Indonesia di Samarinda tahun ini. (jay/sul/es/humasprov)

 

Berita Terkait
Government Public Relation