Kalimantan Timur
GGC dan Aksi Nyata Kaltim Hijau

 

SAMARINDA - Program Kaltim Hijau atau Green Kaltim adalah bukti komitmen Kaltim untuk melaksanakan pembangunan hijau berwawasan lingkungan. Hal ini lebih diperkuat dengan  launching Green Growth Compact (GGC) oleh Menteri Kehutanan  belum lama ini di Jakarta.

Gubernur Kaltim H Awang Faroek Ishak mengatakan GGC merupakan sebuah komitmen yang dibentuk dengan melibatkan semua pemangku kepentingan, baik pemerintah, swasta dan masyarakat untuk mendorong pembangunan hijau guna menyeimbangkan kepentingan ekonomi dan pentingnya menjaga lestarinya lingkungan hidup.

"Komintem Pemprov Kaltim sangat besar dalam pengendalian dan perlindungan hutan serta  pelestarian lingkungan hidup. Terkait hal tersebut Pemprov Kaltim telah mengeluarkan Peraturan Gubernur (Pergub) No 17 Tahun 2015 yang mengatur tentang moratorium pemberian ijin  bagi pertambangan, perkebunan dan  kehutanan. Inilah komitmen kita untuk melindungi hutan Kaltim agar tetap hijau dan lestari," kata Gubernur Awang Faroek Ishak saat membuka Sosialisasi Masterplan Perubahan Iklim Kaltim yang berlangsung di Ruang Rapat Tepian I Kantor Gubernur Kaltim, Selasa (25/10). 

Gubernur berharap kegiatan ini mendapatkan dukungan semua pihak, dimana dokumen masterplan perubahan iklim Kaltim saat ini masih perlu penyempurnaan.

"Sehubungan dengan itu, diminta Dewan Daerah Perubahan Iklim Kaltim bersama dengan TNC serta lembaga-lembaga lainnya untuk bekerja keras  menyempurnakan masteplan perubahan iklim agar lebih baik," kata Awang Faroek.

Setelah sosialisasi ini, Gubernur berharap draft  dan masukan perubahan iklim Kaltim bisa segera dikirimkan ke DPRD Kaltim agar bisa dikuatkan dengan peraturan daerah, sehingga  menjadi naskah akademik yang diperlukan DPRD untuk membuat peraturan daerah tentang perubahan iklim di Kaltim. 

"Masterplan perubahan iklim Kaltim sangat diperlukan  karena kita berharap tetap mendapat dukungan semua pihak. Ini akan menjadi pegangan semua pejabat dan semua stakeholders di Kaltim dalam mewujudkan Kaltim Hijau yang kita idam-idamkan bersama," pungkas Gubernur. (mar/sul/humasprov)

Berita Terkait