Kalimantan Timur
Gubernur akan Groundbreaking Jaringan Pipas Gas Tanjung Batu

Gubernur Awang Faroek saat menerima kunjungan GM PT PLN Wilayah Kaltim dan Kaltara (Kaltimra) Reza Novianto Gustam. (seno/humasprov)

 

SAMARINDA - Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak akan melaunching pembangunan jaringan pipa gas, Proyek Listrik Tenaga Gas dan Uap (PLTGU) di Tanjung Batu  Tenggarong Seberang Kabupaten KutaiKartanegara pada 2 Mei 2018 mendatang. 

 

Kepastian rencana groundbreaking  pembangunan jaringan pipa gas tersebut diungkapkan Gubernur Awang Faroek saat menerima  GM PT PLN Wilayah Kaltim dan Kaltara (Kaltimra) Reza Novianto Gustam didampingi PLN UIP Kaltbagtim yang diwakili oleh manager hukum, komunikasi dan pertanahan bersama beberapa  menager PT PLN Wilayah Kaltimra terkait up  date progres kelistrikan di Kaltim. 

 

Gubernur Kaltim memberikan apresiasi kepada jajaran PT PLN Wilayah Kaltimra yang konsisten melaksanakan program  pembangunan jangka panjang PLN jalan rerus, termasuk juga listrik untuk pembangunan kawasan ekonomi  khusus  Maloy, kemudian  listrik  di kawaasan  industri  pariwisata di Pulau Maratua dan pulau-pulau sekitarnya  di Kabupaten  Berau. "Selain itu, komitmen PT PLN juga untuk kawasan industri di Kariangau dan Buluminung di PPU, kerja sama seperti ini diharapkan bukan saja PT PLN, tetapi bisa diikuti oleh semua sektor lainya, karena  saya berkewajiban menyukseskan semua proyek strategis nasional di daerah," kata Awang Faroek. 

 

Koordinasi seperti ini yang diinginkan gubernur Awang Faroek, karena selaku aparatur sipil negara (ASN) memiliki  tugas dan tanggung jawab kepada negara dalam menyukseskan berbagai program strategis nasional maupun program prioritas daerah. "Intinya kalau koordinasi dilakukan, semua bisa diatasi dan tidak ada masalah, seperti yang telah dilakukan PT PLN dalam membantu pemerintah untuk memberikan penerangan kepada masyarakat, bukan saja di perkotaan tetapi juga di pedesaan, pedalaman dan masyarakat perbatasan," papar Awang Faroek.

 

Sementara  Reza Novianto Gustam mengatakan PT PLN Wilayah Kaltimra sudah berkomitmen untuk mendukung pengembangan kawasan industri yang ada di beberapa daerah, dengan terus-menerus menyiapkan pembangunan kelistrikan khususnya untuk wilayah Kaltim dan Kaltara, seperti pemanfaatan gas yang nantinya bisa selesai tepat waktu. "Sehingga pada saatnya nanti kawasan industri Maloy bisa berkembang, karena kami sudah siap di sana, tinggal perusahaan-perusahaan industri yang masuk listrik sudah siap," kata Reza.

 

Terkait groundbreaking pembangunan jaringan pipa gas dari PK 2 ke arah Muara Badak, yang akan dilaksanakan pada tanggal 2 Mei 2018 harapannya selesai tepat waktu   yaitu pengerjaannya tuntas  selama 1 tahun. "Sesuai komitmen kami tahun 2018 ini, semua desa di seluruh wilayah Kaltim sudah bisa dialiri listrik dan terang menderang, termasuk di Pulau Maratua," kata Reza  Novianto Gustam. (mar/sul/humasprov)

Berita Terkait