Kalimantan Timur
Gubernur Apresiasi Komitmen PT. KAB untuk Kaltim


 

SAMARINDA - Manajemen PT. Kereta Api Borneo (KAB) menunjukkan komitmen yang tinggi untuk mendukung penyelenggaraan pembangunan di Kaltim, khususnya pembangunan infrastruktur kereta api yang akan menghubungkan sejumlah kabupaten/kota di Kaltim, yaitu mulai dari Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) hingga Kutai Barat. Bahkan PT. KAB siap membangun pelabuhan di Buluminung PPU.

Gubernur Awang Faroek memberikan apresiasi tinggi terhadap komitmen tersebut. Selain membangun rel kereta api, PT. KAB juga siap membangun pelabuhan di Buluminung. Saat ini analisis dampak lingkungan (Amdal) untuk rencana tersebut sedang dalam proses.

"Apresiasi juga diberikan atas rencana PT. KAB membangun pelabuhan. Pemprov Kaltim prinsipnya siap mendukung. Apalagi, semua ijin yang dibutuhkan semua telah selesai,” kata Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak di Ruang Kerja Gubernur Kaltim, Senin (16/1).

Gubernur berharap pembangunan rel kereta api ini juga melintasi Kabupaten Kutai Kartanegara dan tembus hingga Kalimantan Tengah (Kalteng) dan bekerja sama dengan Pemprov Kalteng untuk menembuskan jalur tersebut. 

“Saya yakin PT. KAB akan beruntung apabila bekerja sama dengan Pemprov Kalteng, sehingga kebutuhan yang diinginkan KAB dapat terpenuhi,” sebut Awang.

Selain itu, Gubernur juga meminta agar PT. KAB bekerja sama dengan PT. Kereta Api Indonesia (KAI). Ini diperlukan, sesuai keinginan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk membangun jalur kereta api di wilayah Sumatera, Sulawesi dan Kalimantan. 

“Jika, KAB berkenan, bisa juga membangun rel kereta api jalur Balikpapan-Samarinda. Karena, keinginan ini sesuai arahan Presiden Joko Widodo untuk membuka akses transportasi wilayah Sumatera, Sulawesi dan Kalimantan. Apabila diterima, kami mengusulkan jalur Balikpapan-Samarinda dan pembebasan lahan siap dilakukan,”    ucap Awang.

Selain itu, Awang juga mengusulkan agar PT KAB dapat menerima tenaga kerja asal Kaltim yang kini telah lulus dari Diploma III Perkeretaapian Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) Bekasi.

Awang mengaku, kemampuan dan kualitas lulusan STTD Bekasi asal Kaltim diyakini mampu mendukung aktivitas kerja KAB selama proses pembangunan jalur rel kereta api dilaksanakan. “Saya minta mereka bisa dibantu. Mereka dididik dengan disiplin militer tentu siap bekerja dengan baik. Apalagi jurusan yang mereka ambil adalah bagian dari perkeretaapian,” jelasnya.  

Presiden Direktur  PT. KAB Sergey Kuznetsov menyambut baik berbagai usulan yang disampaikan Gubernur Awang Faroek Ishak. Namun demikian, tentu hal itu akan dikomunikasikan lebih dulu dengan pihak Russian Railways.

“Yang jelas, kami siap membangun pelabuhan di Buluminung. Amdalnya sedang diproses, dipastikan sebulan lagi selesai. Sedangkan mengenai usulan Gubernur terkait pembangunan rel kereta api Balikpapan-Samarinda dan tenaga kerja tentu akan dikomunikasikan dengan pihak Russian Railways, sehingga program ini betul-betul terlaksana dengan baik,” jelasnya. (jay/sul/es/humasprov)  

Berita Terkait