Kalimantan Timur
Gubernur Apresiasi Perjuangan Atlet Kaltim Capai Lima Besar

 

PON XIX Jawa Barat

SAMARINDA - Target Kaltim mencapai posisi lima  besar pada perhelatan PON XIX di Jawa Barat 2016, 17-29 September 2016 hampir pasti terwujud.  Perolehan medali sementara, hingga Rabu 28 September 2016, Kaltim masih aman di peringkat kelima dengan raihan 124 medali, terdiri dari 24 emas, 36 perak dan 64 perunggu. 

Sementara di atas Kaltim ada Jawa Tengah di posisi empat  dengan koleksi 26 emas, 49 perak dan 72 perunggu, DKI Jakarta di posisi 3 dengan 121 emas, 116 perak dan 112 perunggu. Jawa Timur di peringkat 2 dengan 123 emas, 125 perak, 125 perunggu dan Jawa Barat bertahan di puncak dengan 200 emas, 142 perak dan 138 perunggu.

Menyimak capaian prestasi para atlet Kaltim tersebut, Gubernur Awang Faroek Ishak memberikan apresiasi tinggi, meski target medali emas tidak berhasil diwujudkan. “Alhamdulillah atlet-atlet kita sudah berjuang dan Kaltim berhasil menempati posisi lima besar. Ini menunjukkan capaian tradisi prestasi yang baik karena Kaltim selalu menjadi yang terbaik di luar Pulau Jawa. Bahkan Yogyakarta dan Banten masih berada di bawah Kaltim,” kata Awang Faroek Ishak di Kantor Gubernur Kaltim, Rabu (28/9).

Selain memberikan apresiasi kepada kontingen Kaltim, Gubernur Awang  Faroek juga menyayangkan banyaknya  tindakan tidak sportif dan kurang nyaman dalam penyelenggaraan PON kali ini. Kericuhan di kalangan atlet maupun pelatih sering terjadi.

Gubernur Awang Faroek membandingkan dengan penyelenggaraan PON di Kaltim. Saat itu kata Awang, Kaltim mampu melaksanakan dengan baik tanpa ada kericuhan. Diharapkan, hal-hal semacam ini tidak terjadi pada penyelenggaraan PON selanjutnya.

“Informasi yang saya dapat, banyak hal tidak sportif dari tuan rumah maupun juri pada saat pertandingan. Sehingga peluang-peluang Kaltim untuk meraih medali menjadi berkurang. Meski demikian, Pemprov Kaltim sangat bangga terhadap perjuangan seluruh kontingen Kaltim hingga mempertahankan tradisi terbaik di luar Pulau Jawa dan memenuhi target lima besar,” puji Awang. (jay/sul/es/humasprov)

Berita Terkait