Kalimantan Timur
Gubernur dan Pejabat SKPD Akan Hadir

Gubernur dan Pejabat SKPD Akan Hadir

SAMARINDA – Pada Jumat 21 Maret 2014 nanti direncanakan akan digelar Haul Akbar Sultan Aji Muhammad Sulaiman oleh Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Maradipura, Tenggarong. Acara dimulai pukul 09.00 Wita bertempat di Masjid Jami Hananuddin.

“Haul yang digelar setiap tahun itu akan dihadiri para Habaib, ulama dan tokoh agama serta masyarakat yang jumlahnya diperkirakan lebih kurang ribuan orang,” kata Kepala Biro Hubungan Masyarakat dan Protokol Setdaprov Kaltim Drs S Adiyat.

Mereka yang akan ikut haul lanjut Adiyat, datang tidak hanya di sekitar kota Tenggarong, akan tetapi juga dari berbagai kota bahkan ada yang dari daerah di luar Kaltim.

Setelah haul, dilanjutkan dengan shalat Jumatdan ziarah ke Makam Sultan Aji Muhammad Sulaiman yang terletak tidak jauh dari masjid. Jamaah kemudian diundang ke Kedaton untuk makan siang.

“Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak akan hadir bersama keluarga dan jajaran SKPD Pemprov Kaltim,” ujat Adiyat.

Menurut Adiyat, haul Sultan Aji Muhammad Sulaiman menggambarkan akan kecintaan dan penghargaan pada para pendahulunya, terlebih lagi jika ia adalah seorang sultan dan pahlawan yang sangat berjasa.

Bagi Pemerintah Provinsi Kaltim sendiri, pengakuan atas jasa-jasa para tokoh terdahulu yang berjasa sangat penting, karena akan dapat menjadi inspirasi dan motivasi serta keteladanan bagi generasi muda saat ini.

Nilai kepahlawanan, cinta bangsa dan tanah air, rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara, ulet, tangguh dan pantang menyerah, serta percaya pada kemampuan bangsa sendiri seperti yang dimiliki oleh Sultan Aji Muhammad Sulaiman pada dasarnya merupakan salah satu unsur perekat persatuan dan kesatuan bangsa.

Oleh karena itu, nilai-nilai kejuangan Sultan Aji Muhammad Sulaiman tersebut perlu terus dihayati dan diaktualisasikan dalam sikap dan perilaku kehidupan generasi yang ada sekarang maupun di masa yang akan datang. (ri/hmsprov).

Foto: S Adiyat

Berita Terkait
Gubernur Serukan Budaya Berzakat
Gubernur Serukan Budaya Berzakat

18 Juli 2014 Jam 00:00:00
Agama

Mari Mengaji dan Cintai Alquran
Mari Mengaji dan Cintai Alquran

02 Oktober 2017 Jam 09:37:29
Agama