Kalimantan Timur
Gubernur Groundbreaking Wahana Berbelanja dan Bermain Tercanggih, Gedung Transmart Ditarget 11 Bulan

Gubernur Kaltim H Awang Faroek Ishak bersama Herman Budi Sosilo, Agus Dwitarto dan lainnya menekan tombol sirine, dan menandatangani prasasti sebagai tanda dialukannya groundbreaking pembangunan Gedung Transmart Samarinda.(seno/humasprov kaltim).

 

Gubernur Groundbreaking Wahana Berbelanja dan Bermain Tercanggih, Gedung Transmart Ditarget 11 Bulan Tuntas

 

SAMARINDA -  Penekanan tombol sirine bersama dilakukan Gubernur Kaltim H Awang Faroek Ishak menandai dilaksanakannya groundbreaking dimulainya pembangunan Gedung Transmart Samarinda, Jumat (27/10). Menurut Gubernur,  Transmart Samarinda nantinya wahana berbelanja terlengkap sekaligus wahana bermain tercanggih dari 16 wahana yang telah dimiliki PT Trans Retail Indonesia. "Target kita pembangunan gedung tuntas dalam 11 bulan dan Transmart menjadi wahana kebanggaan masyarakat Kaltim," katanya di Kawasan Eks Lahan Hotel Lamin Indah Jalan Bhayangkara Samarinda.

 

Awang menyebutkan CT Corp baru saja membuka wahana terbaru di Sumatera Selatan dengan luasan mencapai 27 ribu meter persegi namun Transmart Samarinda memiliki luasan sekitar 33 ribu meter persegi. Karenanya, wahana berlantai empat dengan nilai investasi hampir menembus angka Rp200 miliar ini menjadi wahana terbesar dan termodern di Indonesia.

 

Gubernur menjelaskan pembangunan dilakukan sinergi Trans Corps dengan Perusda Melati Bhakti Satya dan dibiayai Bank Pembangunan Daerah (BPD) Kaltim. "Selain Transmart untuk wahana belanja. Juga Trans Studio Mini untuk wahana bermain terkini. Wahana ini semata-mata untuk masyarakat Kaltim," ungkap Awang.

 

Sementara itu Bussiness Development PT Trans Retail Indonesia Herman Budi Susilo mengemukakan investasi yang dilakukan CT Corps akan mampu memicu pertumbuhan ekonomi daerah terlebih bisa menarik investasi masuk ke Kaltim. Dia optimis keberadaan Transmart Samarinda akan terus berkembang seiring diresmikan beberapa infrastruktur seperti jalan tol Balikpapan-Samarinda, Bandara Internasional APT Pranoto Samarinda dan Jembatan Mahakam IV (Jembatan Kembar). "Transmart Samarinda merupakan wahana berbelanja dan bermain ke-16 yang terbesar, terlengkap dan tercanggih di Indonesia. Wahana ini akan mendorong perkembangan pembangunan daerah karens infrastruktur sudah tersedia baik jalan tol, bandara maupun jembatan," ujar Herman Budi Susilo.

 

Dirinya mengakui pihaknya menyetujui pola kerjasama dengan Perusda MBS selama 30 tahun dengan kewajiban membayar nilai kontrak Rp20 miliar per tahun. Hadir Sekprov Kaltim Dr H Rusmadi dan Dirut MBS Agus Dwitarto, Asisten Perekonomian dan Administrasi Pembangunan Ichwansyah, Danrem 091 ASN Brigjen TNI Irham Waroihan dan Pembina Forum Kebangsaan Kaltim HM Yos Soetomo serta pimpinan OPD lingkup Pemprov Kaltim.(yans/sul/ri/humasprov)

 

Berita Terkait
Government Public Relation