Kalimantan Timur
Gubernur Harapkan Mahasiswa KKN Dukung Pembangunan Masyarakat Desa

SAMARINDA-Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Mulawarman (Unmul) Samarinda ke-39 diharapkan dapat mendukung pengembangan pembangunan masyarakat desa.  Mahasiswa harus bisa mendorong masyarakat untuk lebih memiliki motivasi membangun desa mereka.  
Karena itu, melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Unmul ke depan diharapkan agar setiap mahasiswa dapat mengidentifikasi permasalahan di setiap desa dan kelurahan.  
“Mahasiswa KKN Unmul bisa melakukan identifikasi permasalahan desa. Selanjutnya, melalui laporan mereka, pemerintah akan mengetahui bagaimana kondisi yang terjadi di desa-desa di Kaltim,” kata Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPM-PD) Kaltim HM Jauhar Efendi usai serah terima kembali mahasiswa KKN Unmul ke 39 di Gor 27 September, Gunung Kelua Samarinda, Selasa (17/9).
Menurut dia, laporan yang disampaikan seluruh mahasiswa diharapkan dapat membantu kinerja gubernur dalam rangka mensejahterakan rakyat, termasuk masyarakat yang tinggal di daerah-daerah pedesaan. Setiap desa memiliki kekurangan dan kelebihan, sehingga identifikasi harus dilakukan secara menyeluruh.
Dari sekian banyak mahasiswa yang akan melaksanakan KKN, sebagian merupakan mahasiswa dari program kedokteran dan pertanian.    
“Informasi yang kami terima, banyak masyarakat ingin mahasiswa kedokteran dan pertanian yang turun ke lapangan agar mereka dapat memberikan motivasi kepada masyarakat di desa.  Mudah-mudahan bisa terlaksana,” jelasnya.  Sementara itu, Pembantu Rektor (PR III) Unmul Prof Dr H Helminuddin menyatakan bahwa program KKN merupakan wujud pengabdian mahasiswa sebagai calon sarjana kepada masyarakat, sehingga menjadi wahana uji coba persiapan ketika menjadi sarjana dan melaksanakan kehidupan di masyarakat.
Jumlah mahasiswa KKN Unmul yang akan disebar ke kabupaten dan kota Kaltim dan Kaltara berjumlah 1.593 orang. (jay/hmsprov)

//Foto: Jauhar Efendi
 

Berita Terkait