Kalimantan Timur
Gubernur : Inflasi Terkendali

Gubernur Awang Faroek Ishak saat menghadiri High Level Meeting TPID Kaltim. (yuvita/humasprov kaltim)

SAMARINDA – Untuk memastikan terkendalinya inflasi di daerah maka tim pengendali inflasi daerah (TPID) Kaltim menggelar pertemuan high level meeting. Pertemuan dipimpin langsung Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak dan dihadiri Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kaltim Muhammad Nur.

Menurut gubernur, inflasi Kaltim hingga saat ini masih terkendali atau berada pada posisi 3,1 persen bahkan terus diupayakan terjadi penurunan hingga akhir 2018. “Inflasi kita tidak terlepas dari kondisi ketersediaan bahan pokok dan saya jamin hingga lebaran (Idul Fitri 1439 H) masih cukup,” katanya di Ruang Serba Guna Ruhui Rahayu, Rabu (16/5).

Awang mengakui dirinya sudah mengonfirmasikan stok bahan pokok dan pihak Badan Usaha Logistik (Bulog) menyatakan beras tidak masalah atau masih tersedia. Demikian pula, komoditas pangan asal ternak seperti daging sapi, ayam dan telur juga masih mencukupi bahkan disiapkan pemerintah melebihi dari kebutuhan masyarakat.

Karenanya, keberadaan TPID terus dioptimalkan agar ketersediaan bahan pokok terutama menjelang dan memasuki bulan puasa maupun pada hari besar keagamaan tidak terjadi inflasi. Pada dasarnya lanjut gubernur, sasaran yang ingin dicapai pemerintah adalah bagaimana inflasi yang rendah dan stabil di daerah terus terjaga.

Awang berharap TPID terus berkoordinasi dengan instansi terkait termasuk pemerintah kabupaten dan kota agar distribusi bahan pokok terjaga dan tersalur dengan baik. Selain itu, masyarakat juga diharapkan tidak melakukan panic buying atau membeli bahan pokok dalam jumlah besar yang bisa berimbas pada terjadinya inflasi. “Pembelian yang berlebihan bisa memacu terjadi inflasi. Sebab deman (permintaan) yang terlalu tinggi dari supply berakibat kelangkaan bahan pokok terutama yang didatngkan dari luar Kaltim,” ungkapnya.

Gubernur meminta TPID terus melakukan monitoring dan evaluasi serta identifikasi terhadap indikasi pemicu inflasi sekaligus menyusun rekomendasi langkah menekan inflasi. Hadir Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi UMKM Kaltim HM Fuad Assadin, Kepala Biro Ekonomi H Nazrin dan Danrem 091 ASN Brigjen TNI Irham Waroihan serta pimpinan instansi teknis terkait dari kabupaten dan kota se-Kaltim. (yans/sul/humasprov)

Berita Terkait