Kalimantan Timur
Gubernur Instruksikan Kepala SKPD Blusukan

Gubernur Instruksikan Kepala SKPD Blusukan

 

Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak menegaskan kepada sejumlah Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemprov Kaltim agar sering turun ke lapangan (blusukan) untuk melihat langsung berbagai kemajuan kegiatan atau proyek yang menjadi tanggung jawab masing-masing, sehingga tidak hanya mengandalkan laporan bawahan.

Dengan langkah ini diharapkan kinerja semua SKPD akan sesuai dengan harapan masyarakat. “Saya instruksikan seluruh Kepala SKPD harus banyak blusukan, sehingga progres pembangunan dapat diketahui secara jelas,” kata Awang Faroek Ishak dalam sebuah kesempatan.

Banyak yang dapat dilakukan, jika Kepala SKPD blusukan. Misalnya, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU). Dengan blusukan akan  dapat diketahui jalan yang rusak di daerah-daerah. Kemudian Dinas Pertanian Tanaman Pangan, dapat mengetahui di mana petani yang kekurangan pupuk.

Contoh lain, Dinas Pendidikan rajin ke sekolah-sekolah agar dapat mengetahui sekolah mana yang masih melakukan pungutan ilegal dan menemukan informasi lainnya.

“Banyak pesan yang masuk ke saya soal masih banyaknya pungutan, padahal biaya operasional sekolah sudah ditanggung negara. Informasi semacam ini kan sangat penting sehingga harus dilakukan semua kepala dina,” jelasnya.

Gubernur pun akan rajin blusukan. Jika ada yang bermasalah, Kepala SKPD wajib menyampaikan kepada gubernur, sehingga gubernur bisa segera turun ke lapangan.

“Jika ada laporan, tentu gubernur akan turun ke lapangan dan mengambil keputusan. Karena permasalahan di lapangan yang terpenting adalah bagaimana pengambilan keputusan terhadap masalah yang terjadi. Jadi, saya instruksikan seluruh Kepala SKPD membiasakan blusukan,” tegasnya. (tim humas).

///FOTO : Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak saat meninjau pelaksanaan pembangunan jalan tol Samarinda – Balikpapan.(dok/humasprov)

 

Berita Terkait