Kalimantan Timur
Gubernur: Komunikasi dan Publikasi ke Masyarakat Harus Ditingkatkan

Percepatan Pembangunan Infrastrukur di Kaltim


SAMARINDA – Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak mengatakan pembangunan infrastruktur memerlukan sumberdaya dan sumber dana yang sangat besar. Karena itu harus dilakukan secara fokus dan mendapat dukungan dari segenap pihak. Ke depan, pembangunan infrastruktur di Kaltim diarahkan sebagai upaya mendukung pusat-pusat pertumbuhan, terutama infrastruktur jalan dan pelabuhan.  
“Saya juga mengharapkan agar program–program pembangunan infrastruktur terkait pembukaan keterisolasian daerah perbatasan dan pedalaman dipastikan penyelesaiannya pada tahun 2014,” kata Awang Faroek di Samarinda belum lama ini.
Untuk itu, Awang Faroek berharap dalam menyusun program/kegiatan terutama pada sektor infrastruktur, SKPD dan kabupaten/kota harus dapat mengkoordinasikan dan mengkomunikasikan dengan baik kepada publik bahwa sasaran akhir program/kegiatan prioritas adalah pertumbuhan yang berkualitas dan berkeadilan (pro-growth, pro-job, pro-poor dan pro-environment) menuju kesejahteraan rakyat.
“Karena komunikasi dan publikasi yang kurang memadai mungkin saja timbul persepsi di kalangan masyarakat bahwa pemerintah hanya berpihak kepada kepentingan kalangan tertentu seperti pengusaha dan kalangan menengah atas,” jelasnya.
Sebagai contoh, tujuan dan manfaat pembangunan infrastruktur seperti Jalan Tol Balikpapan-Samarinda (99,02 kilometer) yang akan meningkatkan efisiensi distribusi barang dan jasa serta mengurangi kerusakan dan kepadatan jalan umum.
Kemudian pembangunan Convention Hall di Samarinda yang ditujukan sebagai sarana promosi produk dan pertemuan investor dan bisnis yang pada gilirannya meningkatkan aktivitas perekonomian di Kaltim dan bisa saja tidak ditangkap dengan baik oleh sebagian kalangan masyarakat.
“Hal-hal seperti itu harus bisa dimengerti oleh masyarakat luas, sehingga dalam proses pembangunannya masyarakat mendukung karena memang tujuannya untuk kepentingan masyarakat umum,” ucapnya. (her/hmsprov).

///Foto : Pembangunan jalan tol Samarinda – Balikpapan terus dikerjakan.(dok/humasprov kaltim)


 

Berita Terkait